Published On: Rab, Des 19th, 2012

Uang Rupiah Tidak Berlaku Di Pasar Siaga

Share This
Tags

Penulis : Panji Wijaya

TUBAN

seputartuban.com – Sekitar 730 siswa sekolah dasar (SD) yang tergabung dalam Pramuka Siaga Kwartir Ranting Tuban mengikuti Pesta Siaga di halaman Kompi Senapan C 521 Tuban, Rabu (19/12/2012).

Ada yang berbeda dalam kegiatan ini dibanding perkemahan biasanya. Karena para siswa SD kelas 3 dan 4 ini dibuatkan Pasar Siaga yang memiliki uang khusus dalam transaksi jual belinya.

Dalam simulasi ini, para siswa harus menukar terlebih dahulu uang tunai Rp. 1.000 ditukar menjadi 2.000 uang siaga pada Bank Tunas diacara tersebut. Kemudian uang dapat dibelikan dengan barang-barang hasil karya peserta.

Selain itu, peserta juga melakukan menggambar dengan bahan alami. Yakni menggunakan tanah, kunyit, dan dedaunan. Dengan menggunakan media kain sepanjang 50 meter. Serta penanaman 100 bibit pohon. Dan kegiatan lain dalam kegiatan ini berupa outbound dan permainan edukasi.

Ketua Panitia Kegiatan, Eko Wahyudi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melatih kreativitas anak, mendidik komunikasi dan interaksi sosial serta mencintai alam. “membangun komunikasi dengan temanya, interaksi sosial yang baik,” jelasnya.

Foto : Hasil lukisan dengan bahan alami peserta

Facebook Comments

About the Author