Published On: Sab, Apr 13th, 2013

Tuntut Upah, Kuli Bungkar Muat Mogok Kerja

Share This
Tags

JENU

MOGOK : Para kuli bongkar muat saat menggelar aksi unjuk rasa

MOGOK : Para kuli bongkar muat saat menggelar aksi unjuk rasa

seputartuban.com – Sekitar 200 kuli bongkar tras/curah melakukan mogok kerja dan blokir jalan. Dilokasi timbang,  jalan PT. Semen Indonesia, Desa Karangasem, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jum’at (12/04/2013).

Kuli berasal dari beberapa desa. Yakni Desa Temaji, Desa Karangasem, Desa Socorejo, semuanya Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Aksi mulai sejak pagi hingga hampir siang. Mereka menuntut upah bongkar pada Dump Truk curah/bahan baku semen.

Selain itu para kuli juga meminta agar bongkar tras tetap pada lokasi timbangan lama. Alasannya, lokasi timbang yang baru tidak menggunakan nota bongkar. Sehingga proses klaim pembayaran kuli sering terhambat.

Selama ini, Dump Truk tidak membutuhkan kuli saat melakukan bongkar muatan. Para kuli meminta agar setiap Dum Truck yang bongkar menggunakan jasa kuli. Dan membayar jasa bongkar sebesar Rp. 100 ribu tiap Dum Truck. Sedangkan untuk setiap truck, biaya bongkarnya hanya Rp. 40 ribu.

Salah satu kuli yang mengikuti aksi, Rahmad S (38), warga Desa Karangasem, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya selama ini tidak diperbolehkan bongkar Dum Truck muatan curah. “Agar setiap dump truk itu menggunakan jasa kuli. Kita sangat kurang pendapatannya, ” katanya.

Terpisah, Kasi Hubungan Interlnal dan Media Luar Jakarta, Faiq Niyazi saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan, pihaknya sudah memberikan sosialisai terkait hal pemindahan bongkar muat tersebut.

Disoal nilai upah untuk Dum Truck, masih akan dibicarakan lebih lanjut. Alasannya, bila kuli meminta sebesar itu, akan memberatkan bagian pengelola distribusi. “Itu bisa dirundingkan lagi. Tidak harus memberatkan. Untuk timbangan dan lokasi muat kita sudah sosialisai. Nanti saya akan koordinasi lagi dengan rekan-rekan, ” ungkapnya.

Diketahui, untuk pemenang tender pembangunan jembatan tibang yang baru,  yang berada di Desa Temaji, Kecamatan jenu, Kabupaten Tuban adalah PT. Sentosa Inti Prima Gemilang (SIG). Hingga saat ini masih belum dikonfirmasi. Bahkan sudah dikirim pesan singkat, namun tidak ada jawaban. (han)

Facebook Comments

About the Author