Published On: Kam, Okt 10th, 2013

Tuntut Pesangon Dan Minta Dipekerjakan, Ratusan Pekerja Bergejolak

Share This
Tags

JENU

seputartuban.com – Sekitar 150 pekerja PT. Bumi Dana Indonesia yang terletak di Dusun Karanganyar, Desa Temaji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban mogok kerja, Rabu (09,10/2013) siang. Pekerja meminta pesangon dan tetap dipekerjakan lagi di PT baru yang akan beroperasi. Karena perusahaan lama yang bergerak dibidang penggilingan batu fospat dan kalsium tersebut tidak akan lagi beroperasi.

unjuk rasa pekerja BDI TubanRatusan pekerja yang sebagian besar warga sekitar, meminta pesangon dari PT BDI. Besarnya pesangon yang diminta harus sesuai dengan masa kerja dan jenis jabatan. Massa meminta agar pekerja yang sudah bekerja diatas 1 tahun diberi pesangon sebesar Rp. 10 juta. Adapun untuk besarnya pesangon yang melebihi 1 tahun, harus sesuai kelipatan masa kerja. Sedangankan untuk yang belum ada 1 tahun, harus diberi pesangon 1 kali gaji.

Selain itu, warga juga meminta agar tetap dipekerjakan lagi oleh PT. Fairland Internasional. Yang telah membeli seluruh saham dan asset milik PT. Bumidana Indonesia. Sebab para pekerja sudah ada bekerja lebih dari 10 tahun. Disamping itu, pekerja merasa perusahaan beroperasi diwilayah desanya. Meski sempat dilakukan pertemuan ini antara pekerja dengan perusahaan, tuntutan mereka tidak dapat segera dikabulkan.

Koordinator Aksi yang sekaligus pekerja, Suryadi (35) saat dikonfirmasi di lokasi unjuk rasa menjelaskan bahwa perusanaan sedang mengalami masa peralihan saham. Karena mengalami kerugian dalam penjualan. Sehingga seluruh karyawan non skill diberhentikan. Namun hingga saat ini besaran pesangon dan kepastian dipekerjakan lagi belum diputuskan.

“Pabrik dalam situasi peralihan kepemilkan saham. Menuntut pesangon dan dipekerjakan kembali pada perusahaan baru. Kalau pesangon itu pekerja meminta 1 kali gaji dan ada yang Rp. 10 juta sampai Rp. 15 juta. Kita mogok saja hari ini sampai selesai, ” ujarnya.

Terpisah, Human Resource Development (HRD) PT. Bumidana Indonesi, Hanom saat dikonfirmasi melalui ponselnya tidak ada jawaban meskipun panggilan masuk. Bahkan saat dikirim pesan singkat, tidak ada jawaban. (han)

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos