Published On: Rab, Nov 28th, 2012

Tuntut Menhut Mundur, Kantor Perhutani KPH Tuban Didemo PRD

Share This
Tags

Penulis : Pito Suwarsono

TUBAN

seputartuban.com – Sedikitnya 15 massa dari Partai Rakyat Demokratik (PRD) Tuban, Rabu (28/11/12) mendatangi kantor Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Tuban di Jl. Gajah Mada Tuban. Mereka meminta menyampaikan protesnya terkait pernyataan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di berbagai media massa yang menyatakan bahwa Masyarakat Suku Anak Dalam (SAD) Jambi sebagai perambah hutan, atau penghuni illegal.

Pernyataan Menhut tersebut kontan menyulut protes dari massa Komite Pimpinan Kabupaten РPartai Rakyat Demokratik (KPK РPRD) Tuban. Dan menuntut  mundur sang Menteri dari jabatanya. Melalui surat, mereka meminta pihak Perhutani KPH Tuban mengirimkan ke Kemenhut melalui faxsimili.

“Saya minta surat kami ini untuk di faks kepada Perhutani Jatim dan Kemenhut melalui Perhutani KPH Tuban,” ucap Untung, Korlap massa KPK – PRD Tuban dalam orasinya.

Dua perwakilan pengunjuk rasa diterima pihak Perhutani KPH tuban, untuk menyampaikan tuntutannya. Ditemui langsung Wakil Administratur Perhutani KPH Tuban, Engkap Kapriadi. Kepada dua perwakilan massa dirinya menyanggupi permintaan pengunjuk rasa untuk mengirimkan surat protes tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada adik adik atas perhatianya kepada kami, saya sangat mendukung pendapat adik adik,” katanya saat menemui massa.

Selain menuntut Menhut mundur, massa PRD juga menuntut agar Kemenhut mencabut UU nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan karena dianggap telah menyingkirkan rakyat dalam, Jambi.

Selain itu massa juga menuntut agar dikembalikannya tanah ada Suku Anak Dalam (SAD) 133 Jambi, mengembalikan tanah petani Kunangan Jaya II (Batanghari) seluas 8.000 Ha, dan mengembalikan tanah petani Mekar Jaya (Sarolangun) seluas 3.482 Ha. Serta mengembalikan tata kelola hutan Indonesia sesuai amanat konstitusi, yakni pasal 33 UUD 1945.

Usai dipenuhi tuntutanya oleh Perhutani Tuban, 15 massa KPK – PRD Tuban akhirnya membubarkan diri dengan tertib.

Foto : Massa PRD saat berorasi didepan Kantor Perhutani KPH Tuban

Facebook Comments

About the Author

Videos