Published On: Rab, Feb 12th, 2014

Tuntut Dipekerjakan, Ratusan Warga Ring 1 Blokir PLTU

Share This
Tags

JENU

seputartuban.com – Ratusan warga ring 1 memblokir pintu masuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Awar-Awar, Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Selasa (11/2/2014). Aksi ini berlangsung sejak pagi pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.  Yang dilakukan warga Desa Wadung, Desa Mentoso, Desa Beji, Desa Kaliuntu dan Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Warga Blokir PLTU

LUAPAN EMOSI : Warga Ring 1 PLTU melaukan aksi blokir pintu masuk karena menuntut dipekerjakan

Gejolak masyarakat ini dipicu karena banyak warga ring 1 yang meminta pekerjaan namun belum ada perhatian. Ditambah, banyak warga diluar ring 1 yang bekerja di PLTU, hal ini menambah kemarahan warga. Sebelumnya, warga sekitar yang bekerja sudah diberhentikan, dan sampai saat ini masih menganggur.

Salah satu warga peserta aksi, Usman (29), saat dionfirmasi mengatakan bahwa aksi ini diikuti 300 warga. Menuntut agar dipekerjakan sesuai kemampuanya. Seperti sopir, tenaga pengelasan maupaun pekerjaan kasar lainnya.

Warga kecewa dengan sikap perusahaan yang sudah berulang kali warga mengajukan permohonan pekerjaan namun belum diperhatikan. Sekitar 1.200 lamaran pekerjaan sudah diajukan sebagai tenaga kasar atau tenaga proyek.

Masih menurut Usaman, sebenarnya sudah dilakukan mediasi dengan perusahaan 3 kali, namun hasilnya masih tidak maskimal. Karena perwakilan perusahaan beralasan masih melakukan koordinasi dengan pihak manajemen. ” Pekerjanya malah dari luar semua, padahal kalau tenaga kasar saja warga di sini (ring 1) mampu. Alasan perusahaan tidak masuk akal. Kita akan terus blokir sampai ada kejelasan, ” ujar Usman.

Setelah aksi demo berjalan sekitar 2 jam lebih, perwakilan warga dipersilahkan masuk ke kantor PLTU. Namun para awak media tidak diperbolehkan meliput pertemuan tersebut.  Terpisah, Humas PLTU, Warsidi saat dikonfirmasi terkait tanggapan perusahaan atas aksi ini melalui Ponselnya di nomor 081335814xxx tidak ada jawaban. Bahkan saat dikirim pesan singkat juga tidak membalas. (han)

Facebook Comments

About the Author

Videos