Published On: Kam, Jan 28th, 2016

Tunjangan Perangkat Desa Naik Rp. 1,5 juta, Kinerjanya Ikut Naik ?

 TUBAN

Tunjangan naik, kerja naik ?

Tunjangan naik, kerja naik ?

seputartuban.com – Para perangkat desa di Kabupaten Tuban mulai Januari 2016 dapat lebih bahagia, karena tunjangan yang akan diterima naik. Semula tiap bulan mendapatkan Rp. 900 ribu, akan naik menjadi Rp. 1,5 juta per-bulan.

Kenaikan tunjangan itu salah satunya adalah beban kerja perangkat desa bertambah. Yakni pelaksanaan program dana desa dan naiknya alokasi dana desa. Sehingga beban kerja mereka bertambah dari sebelumnya.

Namun hingga saat ini masih terdapat Kantor Desa/Balai Desa yang kosong saat jam kerja. Perangkat desa tidak masuk kantor dengan beragam alasan pembenar masing-masing. Pada awal 2016 ini selain fakta tersebut juga terdapat perangkat desa yang nyambi pekerjaan lain, yang dapat mengganggu kinerja di pemerintah desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengatakan Pemkab Tuban akan terus melakukan sosialisasi dan pembinaan terhadap perangkat desa. Terutama terkait perencanaan pembangunan. Sebab saat ini desa menerima dana yang besar, sehingga harus ada perencanaan yang benar-benar matang agar tidak menuai masalah.

“Bila kinerja perangkat desa tidak ditingkatkan, maka beban kerja atau program yang telah dibuat tidak terlaksana dengan baik,” jelasnya, Rabu (27/1/2016) siang.

Selain itu, dengan dinaikkannya tunjangan perangkat desa, Pemkab akan terus melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap disiplin perangkat desa. Melalui Camat dan tim yang dibentuk oleh Pemkab.

Bila mereka dalam menjalankan tugasnya tidak sesuai dengan aturan, maka akan ditindak dan diberikan  sanksi disiplin.Sebab kesejahteraan mereka sudah dinaikkan. Selain mendapatkan tunjangan, mereka juga masih memperoleh bengkok sesuai dengan kondisi yang ada di masing-masing desa.

“Aturan yang ada akan kita tegakkan, hal itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan juga kinerja dari perangkat desa,” sambungnya.

Sekda berharap agar Kepala Desa bertindak tegas dan tak segan-segan memberikan teguran terhadap perangkat desa yang malas bekerja atau masuk kantor. Bila hal itu tidak dilakukan maka resikonya adalah pelaksanaan program dan bantuan amburadul serta rawan pelanggaran hukum.

Kepala desa juga harus selalu berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan maupun Kabupaten terkait sinergitas program. Sehingga desa bisa mendukung program pemerintah kabupaten melalui dana desa tersebut. Serta perlu adanya peningkatan dalam penataan administrasi, sebab itu merupakan kunci keberhasilan pemerintahan desa bila administrasinya tertata dengan baik.

“Kita akan melakukan sidak dan juga evaluasi terhadap desa. Serta kita harapkan fungsi pengawasan baik dari BPD maupun masyarakat terhadap kinerja perangkat desa,” pesan mantan Kepala Bappeda itu.

Diketahui, sesuai dengan Peraturan Bupati Tuban nomor 63 tahun 2015 tentang Besaran Penghasilan Tetap dan Tunjangan Kepala Desa dan Perangkat Desa. Bahwa tunjangan kepala desa sebesar Rp 2,5 juta dari sebelumnya Rp 1,5 juta. Sedangkan tunjangan Sekretaris Desa (Sekdes) sebesar 70-80 persen tunjangan Kepala Desa dan untuk perangkat desa sebesar 60-70 persen dari tunjangan Kepala Desa.

Namun untuk pencairan tunjangan tersebut menunggu diselesaikannya laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran tahun 2015 ditiap-tiap desa. Di wilayah Kabupaten Tuban sebanyak 311 desa yang tersebar di 20 Kecamatan. Dengan jumlah perangkat desa kurang lebih 3.500 orang. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author