Published On: Kam, Jan 7th, 2016

Tunjangan Perangkat Desa Naik Menjadi Rp. 1,5 Juta ?

TUBAN

BAHAGIA : Komisi A DPRD Tuban, PPDI, Bappemas KB dan Pemdes sepakat kenaikan tunjangan perangkat desa menjadi Rp. 1,5 juta

BAHAGIA : Komisi A DPRD Tuban, PPDI, Bappemas KB dan Pemdes sepakat kenaikan tunjangan perangkat desa menjadi Rp. 1,5 juta

seputartuban.com – Jika jadi disahkan, perangkat desa di Tuban akan lebih bahagia. Karena tunjangan yang selama ini diterima Rp. 900 ribu akan dinaikkan menjadi Rp. 1,5 juta tiap bulan pada tahun 2016.

Hal itu sesuai dengan peraturan, tunjangan perangkat desa minimal 50 % dan maksimal 60 % dari tunjangan Kepala Desa. Sedangkan saat ini tunjangan Kades sebesar Rp. 2,5 juta per-bulan.

Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Tuban, Ahmad Kholil mengatakan, hasil rapat kerja dengan Komisi A DPRD Tuban dan Bappemas dan Pemdes Tuban sudah ada kesepakatan kenaikan tunjungan. Dari Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) yang di buat oleh Bappemas dan Pemdes, tunjangan perangkat desa akan mengalami kenaikan.

“Kita meminta tunjangan naik sebab tugas dari perangkat desa kedepan semakin berat dan kesejahteraannya perlu ada peningkatan,” kata Kholil, Rabu (6/1/2015) siang usai Raker di DPRD Tuban.

Selain itu, menurut Kholis perangkat desa berharap ada pelatihan bagi mereka, guna meningkatkan pengetahuan dan sebagai bekal dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. Sebab dengan dinaikkannya tunjangan tersebut, kinerja dari perangkat desa harus benar-benar optimal.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Tuban, Agung Supriyanto mengatakan dinaikkannya tunjangan harus diimbangi dengan peningkatan kinerja. Sebab perangkat desa merupakan motor penggerak pemerintahan desa. Sehingga maju tidaknya desa itu tergantung kinerja dari perangkat desa. “Kita berharap kinerja dalam pelayanan terhadap masyarakat dan juga melaksanakan tugasnya harus lebih ditingkatkan,” harap Agung.

Diharapkan perangkat desa tidak berprofesi lain yang dapat mengganggu kinerjanya. Dalam hal itu, kepala desa harus bertindak tegas bila ada perangkat desa yang malas bekerja dan memiliki pekerjaan lain yang mengganggu kinerjanya.

“Kalau perlu perangkat desa yang malas bekerja atau merangkap harus dipecat. Sebab kesejahteraan mereka tiap tahunnya pasti akan mengalami kenaikan dan juga tugasnya semakin berat,” tegas Agung.

Agung menambahkan, dari hasil rapat kerja tersebut sudah dilihat ada titik temunya dan tunjangan perangkat akan mengalami kenaikan. Namun harus menunggu diterbitkannya Perbup terkait hal itu.

Terpisah, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Bappemas KB dan Pemdes Pemkab Tuban, Sugeng Purnomo mengatakan pihaknya sedang menyusun Raperbup terkait tunjangan perangkat tersebut. Namun keputusan akhir Reperbup tersebut sepenuhnya tergantung Bupati. Bila ditanda tangani maka realisasinya akan sama seperti yang rencanakan tersebut. “Konsepnya sudah kita buat, tetapi itu semua tergantung Pak Bupati,” ujar Sugeng.

Diketahui, di wilayah Kabupaten Tuban sebanyak 311 desa yang tersebar di 20 Kecamatan. Dengan jumlah perangkat desa kurang lebih 3.500 orang. Untuk meningkatkan tunjangan, Pemkab juga pasti mempertimbangkan keuangan daerah. Karena tiap bulan pasti akan membutuhkan dana besar untuk memenuhi kebutuhan tunjangan perangkat desa. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author