Published On: Rab, Mar 5th, 2014

Tunjangan Perangkat Desa 2 Bulan Belum Cair

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Sudah 2 bulan tunjangan perangkat desa belum dicarikan Pemkab Tuban. Sebelumnya pencairan tunjangan ini secara rutin tiap sebulan dicarikan melalui Bank Jatim yang diambil oleh Bendahara Desa dan Kepala Desa.

ilustrasi uang

ilustrasi uang

Menurut salah satu perangkat desa di Kecamatan Kerek, HS (49), saat diwawancarai, Selasa (4/3/2014) mengatakan sejak sudah 2 bulan terakhir tunjanganya belum cair. “Banyak teman-teman perangkat desa yang sudah menanti, sebab biasanya cairnya secara rutin. Menurut keterangan dari pihak kecamatan masih menunggu Peraturan Bupati terkait tunjangan perangkat desa bagi desa yang tidak mempunyai Tanah Kas Desa (TKD),” ungkapnya.

Terpisah, Kabag Humas dan Media Setda Kab. Tuban, Teguh Setyobudi saat dikonfirmasi melalui ponselnya mengatakan, alasan belum tertundanya pencairan tunjangan perangkat desa ini karena pemutakhiran data. Karena selama beberapa waktu terakhir terdapat Kepala Desa dan Perangkat Desa yang baru menjabat.

“Bapemas masih meminta data ulang ke Kecamatan, sebab ada Kepala Desa dan perangkatnya yang berhenti dan dilakukan pengangkatan baru. Sehingga perlu dilakukan pemutakhiran data,” jelas Teguh.

Diketahui, setiap perangkat desa mendapatkan mendapatkan tunjangan sebesar Rp. 800 ribu per bulan. Direncanakan bagi perangkat desa yang tidak mendapatkan TKD, akan dinaikkan tunjanganya sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK) Tuban. “Diperkirakan akan cair bulan ini, paling lambat akhir bulan ini sudah bisa dicairkan,” pungkasnya. (lis)

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. lafif berkata:

    ini membuktikan bahwa bappemas ( PEMDA )
    kurang menghargahai perangkat desa

Videos