Published On: Kam, Feb 18th, 2016

Tuban Siap Jalankan Kartu Identitas Anak

TUBAN

Suasana pelayanan KTP di Dinas Dukcapil Tuban

Suasana pelayanan KTP di Dinas Dukcapil Tuban

seputartuban.com – Pemerintah akan menyiapkan kepemilikan kartu untuk anak yang dinamakan Kartu Identitas Anak (KIA). Berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, KIA ditujukan kepada anak usia bawah 17 Tahun.

Kabid Kependudukan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Tuban Gunadi, mengatakan KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah, yang akan diterbitkan oleh Disdukcapil.

Tujuan KIA tersebut selain memberikan identitas anak, juga untuk meningkatkan pendataan, memberikan perlindungan dan pelayanan. “KIA adalah Kartu identitas untuk anak-anak yang berusia kurang dari 17 Tahun,” kata Gunadi, Selasa (16/2/2016).

Gunadi menjelaskan bahwa KIA akan diuji coba pada 50 Kabupaten dan Kota se Indonesia, untuk kabupaten Tuban belum masuk dalam proyek percontohan KIA di Tahun 2016. “Tuban belum masuk di Tahun 2016. Tapi kami siap bila diintruksikan dari Pemerintah Pusat dan KIA akan diterbitkan di Disdukcapil,” pungkasnya.

Diketahui, untuk anak yang baru lahir, nantinya akan diberi KIA. Dimana akan diterbitkan bersamaan dengan diterbitkannya akta kelahiran. Untuk anak yang berusia dibawah 5 tahun, orang tua diharuskan mengurus KIA. Dengan persyaratan menyerahkan fotocopy akta kelahiran dan menunjukan akta kelahiran asli. Menyerahkan foto copy Kartu Keluarga (KK), dan menunjukkan KTP asli orangtua. Untuk anak diatas 5 tahun persyaratan diatas ditambah foto anak yang bersangkutan dengan ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author