Published On: Kam, Nov 5th, 2015

Tuban Potensial Kembangkan Tembakau

Share This
Tags

TUBAN

Kabid Perkebunan

Kabid Kehutanan dan Perkebunan Dinas Pertanian Kab. Tuban, Agus Suryanto

seputartuban.com – Luas lahan tanaman tembakau mengalami peningkatan. Hal ini berdampak pada meningkatnya jumlah hasil tanam. Potensi pasar yang sangat terbuka luas, dan hasil yang menguntungkan dapat menjadi pendorong kuat dikembangkanya tanaman tembakau berkwalitas di Kabupaten Tuban.

Data di Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, luas lahan tembakau terus bertambah. Hingga 2015 tercatat mencapai 1.617 hektar. Meningkat dari tahun 2014 yakni 1.584 hektar. Sedangkan kawasan terluas penghasil tembakau berada di Kecamatan Senori mencapai 897 hektar, dan Kecamatan Semanding 400 hektar. Dengan rata-rata hasil panen mencapai 15 ton per hektar.

“Produksi tembakau Tuban perlu diberikan perhatian khusus mengingat potensi lahan tanam yang ada terus bertambah luas,” kata Kabid Kehutanan dan Perkebunan Dinas Pertanian Kab. Tuban, Agus Suryanto, Rabu (4/11/2015) pagi.

potensi tanaman tembakau untuk menjadi komoditas unggulan Tuban masih sangat terbuka lebar. Karena potensi pasar sangat tinggi. “Pertumbuhan pasar tembakau terhitung tinggi, mengingat perusahaan rokok terus bertambah di berbagai daerah. Seperti di Bojonegoro, Kediri, dan Kudus,” sambungnya.

Pemerintah pusat melalui APBD, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) telah memberikan sejumlah bantuan. Yakni bantuan pupuk 100 sampai 150 hektar lahan tanam. Pemberian 50 juta bibit kualitas unggul. Serta mesin perajang tembakau sebanyak 19 unit yang disebar di empat Kecamatan yaitu Soko, Semanding, Senori, dan Plumpang. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author