Published On: Ming, Apr 17th, 2016

Tuban Potensi Dikembangkan Desa Bahari

TUBAN

ilustrasi eksplore kebumen

ilustrasi eksplore kebumen

seputartuban.com – Kabupaten Tuban memiliki kawasan pedesaan pesisir cukup luas. Kondisi itu dilihat Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk dikembangkan. Sesuai program kementrian saat ini sedang memprioritaskan pembangunan Desa Bahari.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes PDTT, Taufik Madjid, saat di Pendopo Kridho Manunggal Pemkab Tuban, Sabtu (16/4/2016) menyampaikan sesuai program Presiden Jokowi untuk mencapai Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Visi itu kemudian dijabarkan oleh Kemendes PDTT, salah satunya dengan program membangun desa bahari. Dia menjelaskan, langkah untuk membangun desa bahari dijalankan dengan 2 konsep besar, yakni Membaharikan Desa dan Mendesakan Bahari.

Konsep Membaharikan Desa yakni mengembalikan Desa pesisir untuk mewujudkan masyarakat pesisir yang memiliki orientasi bahari. “Membaharikan desa itu misalnya dengan menumbuhkan wisata desa pesisir, budi daya kelautan, produksi garam, perikanan tangkap dan lain sebagainya,” katanya

Kedua adalah konsep Mendesakan Bahari yang berarti memperkuat desa. Membuat pesisir untuk menguatkan tradisi berdesa atau memberdayakan desa pesisir agar tumbuh menjadi desa yang maju.

Taufik menambahkan, pihaknya terus berupaya memperkuat posisi desa dalam mengembangkan usaha ekonomi desa, memangkas praktek rentener yang selama ini membelit masyarakat desa pesisir.

“Bapak Menteri dalam mendesakan bahari juga terkait dengan upaya membantu hak dan akses desa terhadap sumber daya baharinya untuk menghidupi desa dan masyarakatnya,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author