Published On: Sel, Nov 20th, 2018

Tuban, Nikah Dibawah Umur Masih Tinggi

seputartuban.com, TUBAN – Masyarakat Kabupaten Tuban yang menikah dibawah umur nampaknya masih tinggi. Karena jika dirata-rata dalam sebulan terdapat 7 kasus anak dibawah umur yang menikah yag mendapat persetujuan dari Pengadilan Agama (PA) Tuban. Pengajuan dispensasi nikah yang dilakukan anak usia dini sebagian besar disebabkan karena sudah hamil.

Humas PA Tuban, Anshor Bahri

Menurut data dari PA Tuban, sesuai ketentuan perundangan, syarat usia menikah adalah paling muda 19 tahun untuk laki-laki dan 16 tahun untuk perempuan. Yang mengajukan dispensasi nikah di PA Tuban dikarenakan orang tua dan ada yang hamil diluar nikah. Namun pihak PA Tuban menyetujui yang hamil diluar nikah saja.

Data terakhir, terhitung mulai Januari sampai September 2018, PA Tuban memutus sebanyak 68 kasus nikah dibawah umur. Jika dirata-rata dalam sebulan masih terdapat 7 kasus yang diputus PA Tuban. Kondisi ini jelas masih mengkhawatirkan karena masih banyaknya anak yang melakukan pergaulan bebas hingga berdampak pada nikah usia dini.

Data 3 tahun terakhir Dispensasi kawin, tahun 2015 PA Tuban telah memutuskan sebanyak 215 perkara. Sedangkan tahun 2016 sebanyak 150 perkara dan pada tahun 2017 sebanyak 130 perkara. Jika dilihat dari data tersebut, kasus dispensasi kawin mengalami penurunan tiap tahunnya, meski terbilang tinggi.

“Masyarakat harus peka terhadap lingkungan dan pergaulan anak dan harus bisa menghimbau pergaulan anaknya,” ungkap Humas PA Tuban, Anshor Bahri, kemarin. RUSWANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author