Published On: Rab, Agu 6th, 2014

Tuban Miskin PPL Program Pertanian Stagnan

TUBAN

NOOR NAHAR: Kalau untuk idealnya dan kinerjanya bisa maksimal, setiap desa harus ada satu petugas penyuluh. Namun pegawai yang ada masih belum mencukupi. Bahkan bisa dikatakan sangat kurang sekali.

NOOR NAHAR: Kalau untuk idealnya dan kinerjanya bisa maksimal, setiap desa harus ada satu petugas penyuluh. Namun pegawai yang ada masih belum mencukupi. Bahkan bisa dikatakan sangat kurang sekali.

seputartuban.com-Tak bisa dipungkiri, pertanian menjadi salah satu program prioritas yang kini tengah digenjot Pemkab Tuban. Terutama dalam peningkatan produksi pertanian sebagai upaya mensejahterakan kehidupan komunitas agraris.

Hanya sayangnya, ikhtiar itu masih belum bisa dicapai oleh pemerintah daerah lantaran masih banyak kendala yang ada. Seperti minimnya tenaga petugas penyuluh lapangan (PPL) pertanian yang dimiliki Pemkab Tuban.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein, mengatakan kendala serius yang dialami pemerintah adalah faktor sumber daya manusia (sdm) pada tingkat penyuluh. Setiap desa yang harusnya ada seorang tenaga PPL belum bisa terpenuhi. Realita yang terjadi saat ini seorang tenaga PPL harus mengurusi tiga sampai empat desa.

“Kalau untuk idealnya dan kinerjanya bisa maksimal, setiap desa harus ada satu petugas penyuluh. Namun pegawai yang ada masih belum mencukupi. Bahkan bisa dikatakan sangat kurang sekali,” jelas Noor Nahar, Rabu (06/08/2014) siang.

Disebutkan, dari 311 desa yang ada di Kabupaten Tuban jumlah tenaga PPL berstatus PNS hanya ada sebanyak 74 orang. Sementara jumlah tenaga harian lepas yang dibiayai melalui Kementerian Pertanian sebanyak 80 orang. Sehingga total ada 154 orang tenaga PPL. Meski begitu, angka ini tak sebanding antara jumlah desa dengan petugas yang ada.

“Kita berharap masalah ini bisa terselesaikan. Selain itu kita tekankan terhadap kepala UPTD terkait untuk mengawasi kinerja bawahannya lehi ketat lagi,” tandas birokrat kelahiran Desa Rengel ini.

Berkaitan itu, imbuh Noor Nahar, pemerintah daerah berjanji untuk 52 formasi lowongan CPNS tahun ini diusulkan hanya untuk tenaga teknis seperti PPL, medis dan lainnya sesuai dengan kebutuhan. MUHLISHIN

 

Facebook Comments

About the Author