Published On: Kam, Okt 20th, 2016

Tuban Masih Jadi Primadona Produsen Arak dan Pengedar Karnopen

TUBAN

seputartuban.com – Kabupaten Tuban nampaknya masih menjadi tempat primadona bagi produsen arak dan pengedar karnopen. Terbukti dalam waktu sepekan, berhasil mengamankan 56. 800 liter baceman (ramuan arak setengah jadi) dan arak siap edar serta ribuan butir karnopen.

TANGKAPAN SEPEKAN : Forpimda Tuban turut serta hadir dalam pemusnahan arak dan karnopen barang bukti hasil Operasi Bina Kusuma

TANGKAPAN SEPEKAN : Forpimda Tuban turut serta hadir dalam pemusnahan arak dan karnopen barang bukti hasil Operasi Bina Kusuma

Data dari Polres Tuban hasil operasi Bina Kusuma tersebut 47.800 barang bukti arak dalam proses fermentasi dan 900 liter arak siap edar tersebut diamankan dari kawasan Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Kemudian Kamis (20/10/2016) dilakukan pemusnahan barang bukti, dengan disiramkan ke lubang di halaman belakang Mapolres Tuban.

Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad mengatakan bahwa ribuan liter minuman keas khas Tuban itu, berhasil diamankan berkat laporan masyarakat. “Ini merupakan sinergitas lintas instansi yang didukung peran serta masyarakan mewujudkan Kabupaten Tuban benar-benar sebagai Bumi Wali,” tegasnya.

Seluruh barang bukti tersebut diamankan dari 7 kawasan diwilayah Kecamatan Semanding. Diantaranya milik Priyanto (38), barang bukti yang didapat petugas dari rumahnya sebanyak 22.000 liter arak fermentasi dan 100 liter arak siap edar.

Kemudian Pantun (46), barang bukti yang didapat petugas dari rumah tersangka ini sebanyak 13.600 liter arak fermentasi. Serta Suwarno (45) dengan barang bukti sebanyak 12.200 liter arak fermentasi dan 700 liter arak siap edar. Keduanya warga Dusun Sawahan, Rt 2 Rw 1, Desa Tegalagung.

Selain itu, beberapa lainya yang berhasil diamankan ialah Hadi Hermanto (24) warga Dusun Mlangi, Rt 6 Rw 5, Kecamatan Widang. Dengan barang bukti sebanyak 100 liter arak dalam kemasan air mineral isi 1,5 liter. Sedangkan sisanya masih dalam pengejaran petugas karena melarikan diri saat mengetahui kedatangan petugas dirumahnya.

“Mereka yang kami amankan dalam giat Ops Bina Kusuma ini merupakan pemain lama yang sudah pernah kami amankan sebelumnya. Mereka masih menjalani rangkaian penyidikan petugas ,” pungkasnya.

Sedangkan barang bukti lain yang turut diamankan ialah 580 drum plastik dengan kapasitas isi 220 Liter. 7 tungku yang terbuat dari tembaga kuningan untuk memasak arak, 99 LPG ukuran 3Kg, 6 kompor gas, 14 sak gula merah, 30 sak gula pasir, dan 2 unit mesin pompa air.

Seluruh tersangka, selain akan dijerat sanksi sesuai dengan Perda, juga akan dikenakan pasal 135 JO pasal 71 ayat 2, dan pasal 140 pasal 86 Ayat 2, undang-undang  RI nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

Pemusnahan juga dilakukan untuk barang bukti 2.815 butir karnopen. Dalam ceremonial itu turut hadir Wakil Bupati Tuban, Ketua DPRD Tuban, Kepala Kejaksaan Tuban, Ketua Pengadilan Negeri Tuban, dan Ketua MUI Tuban. ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author