Published On: Ming, Feb 2nd, 2020

Tuban Masih Aman Dari Virus Corona

seputartuban.com,TUBAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap penyebaran virus corona. Meski di Tuban belum ditemukan penyebaran virus mematikan tersebut.

Hal itu, disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo kepada seputartuban.com menjelaskan pihak tetap melakukan langkah antisipasi. Melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) dengan melakukan kerjasama lintas instansi.

“Di tempat wisata diadakan penyuluhan yang bekerjasama dengan Puskesmas terdekat. Semua fasilitas kesehatan kita tugasi untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat dimanapun kapanpun setiap ada waktu. Jadi penyuluhan pencegahan lebih penting dari pada mengobati setelah sakit,” jelasnya, Selasa (28/1/2020).

Bambang jugamenegaskan, sejauh ini di Indonesia belum ada penyebaran Virus asal Wuhan Cina tersebut. Sesuai surat edaran dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI), Direktoral Jenderal Pencegahan dan Pengendalian penyakit, nomor : SR.03.04/2/287/2020. Terkait dengan kewaspadaan terhadap penularan virus Corona dan cara mencegah penularan. “Dengan kita menjaga kesehatan dengan cara berperilaku hidup bersih dan sehat maka tidak akan tertular,” imbuhnya.

Selain itu, Dinkes juga melakukan kerja sama dengan Kesehatan Kerja Pelabuhan (KKP). Dari kantor kesehatan pelabuhan yang menjaga kedatangan orang dari luar yang melalui pelabuhan. “Di pelabuhan sudah disiagakan petugas kesehatan yakni dokter beserta perawat yang sudah mempunyai ilmu tentang segala penyakit karantina penyakit KLP dan kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak sana,” tegasnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan ciri-ciri orang yang terkena virus corona seperti orang pilek biasa dan demam 2-5 hari. Selain itu batuk bisa serta batuk produktif kering atau juga batuk berdahak. Rata-rata untuk demam khusus untuk demam corona susah bernafas. Dalam arti sebelumnya tidak ada keluhan tapi langsung sesak secara tiba-tiba.

Sedangkan untuk penularan, dari orang yang sakit ke orang lain. Penyebaran melalui virus secara langsung bukan dari makanan atau minuman. Virus bisa menjangkit saat kondisi tubuh sedang menurun atau kurang bersih. “Makanya kita harus menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh lewat kebersihan. Penularan tidak harus dengan bersentuhan. Jadi pakai masker juga sangat efektif untuk pencegahan,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos