Published On: Kam, Mei 16th, 2019

Tuban Jadi Tuan Rumah Rakor Kerukunan Umat Beragama Se-Jatim

seputartuban.com, TUBAN – Subbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Jatim, menggelar  Rapat Koordinasi Kerukunan antar Umat Beragama. Yang diikuti Kasubbag TU Kemenag se-Jawa Timur, yang bertempat  di salah satu Hotel yang ada di Tuban, Rabu (15/5/2019).

Indeks kerukunan umat beragama Jawa Timur tahun 2017, menduduki peringkat ke 21 dengan nilai 70,04 dan di tahun 2018 meningkat ke peringkat 19

Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Jatim, Moh. Ersyad, mengatakan kegiatan ini bertujuan menambah pengetahuan tentang indeks kerukunan umat beragama. Dari berbagai aspek bagi para pengambil kebijakan dan pengurus FKUB.

“Indeks kerukunan umat beragama Jawa Timur tahun 2017, menduduki peringkat ke 21 dengan nilai 70,04 dan di tahun 2018 meningkat ke peringkat 19 tapi nilainya turun menjadi 70,03 dan ini masih di bawah nilai rata-rata nasional yakni 70,90,” katanya.

Sementara itu Plt. Kakanwil Kemenag Jatim Moch. Amin Mahfud menjelaskan dalam menjaga  hubungan sesama umat beragama yang harus di  landasi toleransi, saling pengertian,  menghormati, dan juga menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya. “Karena di Indonesia ini banyak agama yang berbeda. Tentunya kita harus bisa saling menghargai dan menghormari satu sama lain,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Amin juga berharap kerjasama antar umat beragama itulah yang menjadi tugas di daerah untuk dilaksanakan. Setelah kesepakatan harus ada kesadaran untuk melaksanakan tanggung jawab secara bersama-sama.

“Hal ini yang harus  dirumuskan, apa saja yang menjadi tantangan, dukungan, kekurangan dan kelebihan di masing-masing daerah sehingga dapat saling melengkapi,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos