Published On: Kam, Jan 7th, 2016

Tuban Jadi Penopang Penting Ekonomi Indonesia

TUBAN

NGANGGUR : Kawasan kilang PT TPPI yang saat ini masih tidak beroperasi

PAKET EKONOMI : Kilang minyak di Tuban yang sudah dioperasionalkan

seputartuban.com – Tuban menjadi bagian terpenting dari negeri ini. Karena masuk dalam paket ekonomi VIII Presiden RI, Joko Wiododo, yang diumumkan pada akhir tahun lalu. Dalam paket tersebut Tuban menjadi penting, karena disebut untuk aktivitas kilang minyak di wilayah Tuban. Sebagai program peningkatan ekonomi sektor migas nasional.

Dalam paket tersebut salah satunya akan membangun kilang baru, pemerintah juga akan meningkatkan kilang yang sudah ada. Pemerintah memproyeksikan produksi BBM akan meningkat dari 825 ribu barel per hari pada 2015 menjadi 1,9 juta barel per hari pada 2025. Sehingga dengan itu diharakan memenuhi kebutuhan BBM nasional dari produksi kilang dalam negeri. Sehingga harga jual BBM pada dunia usaha dan masyarakat, diharapkan dapat lebih murah.

Sampai saat ini, setidaknya ada empat kilang yang beroperasi dan perlu perbaikan, yaitu di Cilacap, Balikpapan, Balongan dan Dumai. Kilang baru akan dibangun di Bontang dan Tuban.

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan Pemkab Tuban menyambut baik paket ekonomi tersebut. Namun diharapkan selain berdampak nasional juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar maupun Tuban secara umum. “Kita berharap ekonomi masyarakat disekitar bisa meningkat,” harap Wabup, Senin (4/1/2016).

Selain itu diharapkan pemerintah lebih peduli lingkungan. Terutama dengan memanfaatkan tenaga kerja lokal. Karena masyarakat sekitar memiliki kemampuan kasar hingga teknis. “Banyak anak daerah yang sudah sarjana dibidang industri dan saya yakin juga memiliki kemampuan,” ujar Wabup.

Meski sudah beroperasi kilang minyak di Tuban belum menambah pendapatan daerah. Diharapkan dapat berdampak meningkatankan pendapatan bagi APBD Tuban. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. Tuban Jadi Penopang Penting Ekonomi Indonesia berkata:

    Mudah2an bisa segera dapat investor, pendanaan selesai, pertengahan tahun bisa FEED, awal 2017 bisa mulai konstruksi.

    (warga Tuban)