Published On: Kam, Nov 28th, 2019

Tuak Bisa Jadi Terapi Narkoba ? Ini Kata BNNK Tuban

seputartuban.com, TUBAN – Salah satu anggota DPR RI Komisi III mengeluarkan peryataannya bahwa tuak dapat dijadikan sarana terapi Narkoba. Dengan takaran yang telah ditentukan. Klaimnya hal itu sudah teruji dari sejumlah orang yang sudah menjalani terapi model ini dan bersaksi kepada politisi itu.

etua Badan Narkotika Kabupaten Tuban, AKPB I Made Aarjana

Kabupaten Tuban juga memiliki jenis minuman ini. Bahkan sejak lama tuak sudah diproduksi dan beredar hingga saat ini. Mulai di warung-warung desa atau di warung khusus yang menjual minuman ini di tempat khusus.

Menanggapi maraknya kabar ini yang mulai mengemuka di Kabupaten Tuban, Ketua Badan Narkotika Kabupaten Tuban (BNNK), AKPB I Made Aarjana, menegaskan pihaknya belum mengetahui tuak dapat digunakan sarana mengobati kecanduan Narkoba. Karena hal itu masih perlu dilakukan penelitian secara ilmiah. Yang dilakukan lintas kementrian dan lintas badan negara.

“Jadi apa yang disampaikan Pak Hinca masih perlu dilakukan pendalaman lebih jauh baik secara literatur. Metodologi maupun proses pengobatan tuak tersebut,” katanya, Kamis (28/11/2019).

Selain itu, sesuai dengan keadaan di Tuban, yang telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang minuman beralkohol, tidak dikategorikan dalan pengawasan dan tidak dilarang, tetapi dikendalikan penggunaanya. “Yang jelas secara ilmiah perlu di buktikan dengan laboratorium, dan ini baru secara kearifan lokal saja. Tentunya kearifan lokal yang ada budaya tetap kita hormati dengan tidak mengesampingkan peraturan yang berlaku,” pungkasnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

komentar dengan santun

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Videos