Published On: Sen, Sep 17th, 2018

Tradisi Suro Jadi Berkah Penjual Bunga

seputartuban.com, TUBAN – Memasuki bulan Suro (penanggalan jawa) bersamaan dengan Muharram (penanggalan Islam) banyak aktifitas masyarakat yang memerlukan bunga. Digunakan untuk beragam adat maupun ajaran yang diyakini masyarakat. Kondisi ini membuat penjual bunga dapat merupakan untuk berlipat dibanding bulan lainnya.

LARIS : Bulan Suro menjadi berkah bagi penjual bunga, karena pembeli naik tajam

Bunga-bunga tersebut biasannya paling banyak digunakan ziarah kubur. Selain itu juga digunakan mencuci pusaka, ritual lain yang masih dilakukan sebagian masyarakat khususnya yang memakai penanggalan jawa. Masih banyak lagi aktifitas warga saat bulan Suro atau Muharram yang membutuhkan bunga.

Salah satu penjual bunga, Nana (26), ibu anak 1 itu membuka lapangan di kawasan perempatan jalan Pramuka Tuban. Dia meneruskan pekerjaan orang tuanya yang sudah dijalani 10 tahun lebih. Selama Suro, pendapatannya hasil berjualan bunga naik tajam, karena pembeli juga meningkat tajam. Karena banyak masyarakat yang menganggap sakral bulan Suro atau Muharram sehingga banyak aktifitas yang menggunakan bunga.

Jika pada hari biasa, dalam sehari dia mampu menghasilkan Rp. 100 ribu sampai Rp. 150 ribu. Sedangkan jika pada bulan Suro, dia mampu mendapatkan hasil penjualan Rp. 400 ribu hingga Rp. 500 ribu.

”Biasanya pembeli bunga itu kebanyakan di buat ziarah, dibuat mandi maupun untuk mencuci barang-barang antik. Untuk harga bunga kalau di musim panas itu relatif naik. Tetapi saya menjual tetap harga yang sama. Cuma kalau bunga harganya naik, saya kurangi porsinya tapi harganya sama Rp.5,000. Untuk jenis bunga yang paling diminati dibulan Suro itu jenis bunga gading dan setan,” ungkapnya, Minggu (16/09/2018).

Dia menjual bunga dalam bentuk per-bungkus. Kebanyakan pembeli langsung beberapa bungkus dalam sekali beli. Sehingga dengan banyaknya pembeli, juga semakin banyak bunga yang dijual. Dampaknya pendapatan hasil jualan bunga juga naik. RUSWANTO

Facebook Comments

About the Author