Published On: Ming, Jun 1st, 2014

Tradisi Sungai Kumuh Tetap Terjaga

Share This
Tags

TUBAN

TIDAK TERJAGA : Kondisi sungai selain kotor juga arusnya terhambat karena banyak perahu

TIDAK TERJAGA : Kondisi sungai selain kotor juga arusnya terhambat karena banyak perahu

seputartuban.com – Gara-gara tidak dapat menjaga kebersihan sungai, dapat menyebabkan berbagai penyakit. Karena sungai kotor tersebut karena menjadi sarang multi bakteri. Seperti yang terjadi di Sungai Kelurahan Kingking, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Nampak kotoran menumpuk di sisi sungai membuat sumbatan disetiap saluran air. Tidak hanya itu saja, perahu juga disandarkan di sepanjang sungai. Jelas ini sangat menggangu aliran sungai. Seharusnya lancar mengalir bermuara ke laut, namun karena banyak perahu yang mangkal, membuat
aliran sungai terhambat. Parahnya, sungai dipergunakan warga untuk kebutuhan sehari- hari. Mulai dari mencuci baju, mencuci piring, bahkan sampai mandi.

Hal ini merupakan fenomena klasik. Banyaknya sampah yang telah mengendap didasar sungai membuat sungai menjadi dangkal. Apabila rob laut terjadi, air laut tidak bisa mengalir ke sungai. Melainkan langsung menghantan rumah warga.

Sunawi (44), warga kelurahan setempat, Minggu (1/6/2014) menjelaskan bahwa sungai sudah lama tidak terawat. Karena warga sekitar yang kurang memahami pentingnya menjaga kebersihan sungai. Dikhawatirkan apabila musim hujan akan mengalami banjir dan masuk kerumah warga. Serta berdampak pada potensi penyakit. “Ya dibuat apa saja. Ada yang cuci- cuci bahakan mandi. Kalau bisa pemerintah mengeruk sungai agar lebih dalam,“ harap Sunawi.

Senada disampaikan Lasminto (48), nelayan kelurahan setempat. Sejak dahulu, sungai digunakan untuk pemberhentian perahu. Selain lebih mudah, juga lebih aman dari terjangan ombak. Sehingga apabila akan melaut  cukup dari sungai saja. Sampai saat ini belum ada bukti nyata perhatian pemerintah untuk membersihkannya. “Dangkal dasar sungainya. Sampahnya di dasar sungai. Biasanya warga saja yang membersihkan, kalau pemerintah belum, “ ungkap Lasminto.

Sementara itu, Kepala Dinas PU, Pemkab Tuban Choliq Chunnasih menejelaskan bahwa sanitasi menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam kesehatan lingkungan. Terkait kebersihan pihaknya sudah menyediakan Tempat Pembuangan Sampah disekitar lokasi tersebut. “Sudah ada tempat sampahnya. Setiap hari juga dibuang dan diangkut oleh kendaraan dinas, “ ungkapnya. HANAFI

Facebook Comments

About the Author