Published On: Rab, Mei 22nd, 2019

Tradisi Scooterist Tuban Berburu Mushola Saat Ramadhan

seputartuban.com, BANGILAN – Para pecinta vespa atau biasa dikenal scooterist di Kabupaten Tuban memiliki tradisi baru sejak beberapa tahun terakhir saat Ramadan. Yakni dengan berburu mushola untuk diremajakan catnya, dengan dana dan tenaga secara swadaya mereka.

Para scooterist total jalankan berburu mushola

Para pengurus dan anggota Brotherscoot Independent (Basindt) memulai berburu mushola sejak awal ramadan tiba. Hingga sepekan sebelum lebaran, ditargetkan sebanyak 3 mushola dapat diselesaikan. Kegiatan itu sudah dilakukan club dibawah naungan Scooterist Ronggolawe Bersatu (SCROB) itu sejak beberapa tahun terakhir.

Mushola yang sudah dirampungkan pengecatan total adalah Mushola An Nur, Dusun Pereng, Desa Kedungmulyo Kecamatan Bangilan. Kemudian Mushola Hayatur Rohman, Dusun Bamban, Desa Sidodadi, Kecamatan Bangilan. “Mushola ketiga di Dusun Bate. Seluruhnya swadaya dan tanggapan masyarakat bagus terbukti saat malam hari banyak yang ngasih konsumsi dari tetangga mushola,” kata Ketua Basindt, Abdul Qodir Assegaf, Senin (20/05/2019).

 Lebih lanjut, Mario, panggilan akrab Abdul Qodir Assegaf, menambahkan atas program tersebut beberapa masyarakat mengira kelompoknya sedang bekerja. Alias memborong pekerjaan mengecat mushola. Karena dianggap para scooterist tidak memiliki program yang sedemikian jarang ditemui ditempat lain.

“Ada yang tanya kalau borong pengecatan berapa harganya, karena dikira kita kerja. Tapi setelah kita jelaskan, mereka kaget kalau kita murni dari hati. Tapi tetap ada yang nawarkan kerja ngecat karena katanya hasilnya bagus, tapi sementara belum kita terima karena fokus program ini,” imbuhnya.

Mario yang juga disapa Yik Qodir itu mengungkapkan diakhir ramadan, dia juga akan menggelar santunan anak yatim seperti yang sudah dilakukan beberapa tahun lalu. “Santunan yatim juga swadaya semoga kami kuat terus menjalani ini. Mungkin kami bukan orang baik, tapi kami tidak akan pernah berhenti belajar menjadi lebih baik,” tutupnya.

Diketahui, Scooterist Tuban selama ramadan memiliki beragam kegiatan sosial yang sudah dilakukan tiap tahunnya. Hingga menjelang idul fitri, ada juga yang membagikan langsung zakat fitrah dari anggota komunitas dan keluarganya kepada masyarakat yang berhak menerima. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos