Published On: Ming, Sep 29th, 2019

Totalitas, Inilah Cara Sekolah Alam Ar-Ridho Didik Siswanya

Paket Wisata Edukasi Hingga Sumbang Buku Taman Baca Siaga

seputartuban com, TUBAN – Siswa sekolah alam Ar Ridho Semarang, mengajak para siswanya di Tuban untuk memberikan pendidikan sekaligus berwisata, Rabu (25/9/2019). Atau kegiatan diluar sekolah yang bermanfaat ganda bagi para anak didiknya. Yakni wisata edukasi dan menyumbang buku di Taman Baca Siaga.

SEMANGAT BERBAGI : Guru Pendamping (perempuan) saat menyerahkan bantuan buku bacaan kepada pengurus taman baca

Kegiatan diawali dengan menaiki transportasi umum menuju pabrik Semen Gresik atau Semen Indonesia. Kemudian melakukan kunjungan industri di pabrik tersebut. Atas kegiatan ini, para siswa mendapatkan pendidikan transportasi umum dan kegiatan industri.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktek membatik di Desa Wisata Batik, Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Tiap siswa mendapat arahan sekaligus praktek membatik dengan bimbingan langsung para pembatik.

Kegiatan dilanjutkan menuju kawasan Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah. Siswa mengawali dengan menyerahkan sumbangan buku kepada pengelola taman baca yang diprakarsai oleh UPZ Tabungan Akhirat dan lintas pendekar silat tersebut.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan River Tubing. Adrenalin anak-anak dipacu dalam wisata ini yang juga sekaligus sudah bersedekah. Dengan peralatan pengamanan yang memadahi mereka nampak senang. Hingga diakhiri dengan makan khas bersama, sambal cos burung dara.

POMPA KEBERANIAN : Keceriaan para siswa saat river tubing

Guru Pendamping Sekolah Alam Ar Ridho, Wahyu Widowati mengatakan yang dilakukan pihak sekolah merupakan tanggungjawab mendidik anak didiknya. Yakni wisata edukasi sebagai sarana pendidikan karakter anak dilakukan dengan nyata. Bukan teori saja disekolah, namun siswa diajak langsung mengetahui dan merasakannya.

“Kita berangkat Dari Semarang sampai Tuban, kita menggunakan transportasi umum. Setelah sampai di Tuban kita juga menggunakan angkutan umum untuk berkunjung ketempat-tempat yang sudah kita jadwalkan,” katanya.

Sementara itu, perempuan yang akrab di panggil wawid menambahkan.anak – anak juga di ajarkan tentang berbagi.salah satunya berbagi buku bacaan kepada pengurus perpustakaan siaga yang ada di Desa wisata Guwoterus berbasis sedekah. “Sebagian besar yang kita berikan buku bacaan anak-anak. Agar memberi kemanfaatan lebih bagi masyarakat sekitar Gua,” jelasnya.

Selain menambah koleksi buku , dan meningkatkan minat baca terutama anak – anak dengan berbagai macam jenis buku bacaan seperti majalah, komik, cerpen. “Kegiatan ini sangat menginspirasi, karena ada salah satu karya anak kami disalah satu buku tersebut yang kita serahkan,” pungkasnya.

Ketua Pokdarwis Siaga, Yulianto Prasetyo mengapresiasi keseriusan para pendidik di SD Alam Ar Ridho yang totalitas mendidik siswanya. Hal tersebut dapat dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah lainnya. “Semoga yang sudah dilakukan bermanfaat bagi siswa dan sekolah serta bagi kami para pihak yang terkait dengan paket wisata edukasi. Terima kasih bantuan bukunya,” ungkapnya. NAL

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos