Published On: Ming, Feb 16th, 2020

Totalitas De Anwar Gerakkan Relawan Go Green Peduli Pantai

seputartuban.com, TUBAN – Bermula saat Muhammad Anwar yang akrab disapa De Anwar,  berkunjung ke salah pantai, yang berada sisi barat Terminal Baru Tuban beberapa hari sebelumnya. Dia merasa terpanggil melihat sampah di kawasan pantai tersebut. Kemudian dia melakukan aksi nyata untuk menjawab kecemasan atas kondisi pantai itu.

De Anwar terjun langsung membersihkan kawasan pantai itu mengajak relawan Go Green Tuban. Dia nampak sibuk memunguti sampah di Pantai dengan tangannya sendiri. ‘’Akhirnya saya mengajak relawan Go Green Tuban untuk melakukan aksi bersih pantai dan ternyata mereka antusias. Sehingga langsung kita agendakan,” katanya, Jumat (14/2/2020).

TOTALITAS : De Anwar saat sibuk memunguti sampah di kawasan Pantai sebelah barat Terminal WIsata Tuban

De Anwar juga menyampaikan, Tuban memiliki potensi wisata yang luar biasa untuk dikembangkan dan salah satunya adalah wisata bahari. Potensi luar biasa itu jika dikembangkan dengan baik akan berdampak pada pendapatan ekonomi masyarakat. “Pantai yang seharusnya bisa menjadi tempat wisata yang nyaman bersama keluarga dan sanak family, masih dipenuhi dengan berbagai macam sampah. Kotor dan tidak terawatt,” ungkapnya.

Selain itu, ditambah lagi dengan kepedulian masyarakat dan pengunjung yang masih rendah untuk menjaga lingkungannya. Diantaranya perilaku membuang sampah sembarangan. ‘’Kita ingin mengajak semua masyarakat dan pengunjung peduli terhadap lingkungan. Peduli terhadap sampah. Sehingga pantai menjadi bersih dan pengunjung merasa nyaman,’’ harapnya.

CONTOH PERILAKU : Selain memunguti sampah langsung, De Anwar juga ikut menaikkan sampah ke mobil angkutan

Ditegaskan De Anwar, aksi bersih-bersih pantai ini bukan gerakan instan. Akan tetapi kedepan, secara berkelanjutan akan terus dilakukan. Hingga pada akhirnya bisa membangkitkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan peduli dalam menjaga kebersihan pantai. ‘’Kita tahu bahwa sebagian besar wisata pantai yang ada di Tuban ini dikelola oleh perorangan dan kelompok. Tapi tidak ada salahnya bagi pemerintah untuk membantu mengembangkan wisata yang ada,’’ harapnya. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Videos