Published On: Ming, Mei 1st, 2016

Tomat Langka, Harganya Melambung Tinggi

TUBAN

seputartuban.com – Langkanya tomat dipasaran, menyebabkan harganya terus melambung dalam beberapa pekan ini. Baik di pasar tradisional pusat kota, maupun di pasar tradisional pinggiran.

NAIK : Aktivits perdagangan di Pasar

NAIK : Aktivits perdagangan di Pasar

Pedagang Pasar Baru Tuban, Suryati (56), mengatakan hingga saat ini harga tomat masih melambung tinggi. Dari akhir bulan Maret lalu hingga saat ini, harga tomat kisaran Rp.12 ribu sampai Rp.15 ribu perkilogramnya. “Saat ini harganya, Rp.13 ribu perkilo (Kg),” katanya, Sabtu (30/4/2016).

Ibu asal Lamongan tersebut menjelaskan, yang menjadi penyebab mahalnya harga tomat karena langkanya komoditas tersebut. “Belakangan ini tidak ada kiriman dari petani lokal, jadi kami sampai ambil ke Jombang,” lanjutnya.

Kondisi serupa juga terjadi di Pasar Jatirogo. Beberapa pekan, harga tomat juga melambung. Salah satu pedagang, Wartini (52), mengatakan, harga tomat saat ini capai Rp.12 ribu per kilogram. Kondisi itu sangat berbeda jauh dari biasanya. “Disini, umumnya harga tomat Rp. 3 ribu sampai Rp. 5 ribu per-Kg, karena daerah sini banyak petani lokal tomat,” katanya, Minggu (1/5/2016).

Dia juga menyatakan hal yang sama, bahwa memang saat ini sedang langka langkanya produksi tomat di pasar lokal. “Kami sering dapat kiriman dari daerah Blora dan Rembang. Tapi belakangan ini menurun. Kondisi pertanian daerah sini juga tidak lagi musim panen tomat,” pungkasnya.

Sementara itu harga kebutuhan bahan dapur lainya juga masih tinggi. Diantaranya kentang Rp. 11 ribu/Kg, timun Rp. 12 ribu/Kg, bawang merah dan bawang putih Rp. 30 ribu/Kg. Wortel harga saat ini Rp. 8 ribu/Kg. Daging sapi Rp. 80 ribu/Kg, daging kambing Rp. 75 ribu/Kg serta daging ayam potong Rp. 25 ribu/Kg. USUL PUJIONO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos