Published On: Jum, Mar 10th, 2017

Toko Modern Harus Pajang Produk Lokal

seputartuban.com, TUBAN – Pemkab Tuban akan memberlakukan toko modern harus memberikan ruang bagi produk lokal sebanyak 5 persen. Hal itu sedang disusun dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Upaya ini diharapkan dapat melindungi pasar tradisional sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana

Dengan semakin menjamurnya toko modern berdampak kepada pasar tradisional maupun toko masyarakat. Yang dimaksud pasar atau toko modern adalah dimana antara penjual dan pembeli tidak bertemu, tidak ada tawar menawar karena harga sudah ditentukan. Sedangkan pasar tradisional antara penjual dan pembeli bertemu langsung dan ada proses tawar menawar.
“Kita sedang susun Raperda dan Perbup untuk mengendalikan keberadaan pasar atau toko modern,” kata Sekda, Budi Wiyana, Kamis (9/3/2017).

Selain itu, didalam aturan yang sedang dibuat itu, semua toko-toko modern harus memberikan tempat terhadap hasil produk lokal Tuban. Sehingga tidak hanya produk luar Tuban yang dijual. Dengan pemberlakukan wajib memasang produk lokal, diharapkan dapat membantu pemasaran.

Selain itu, jika toko modern yang saat ini sudah berizin, maka perpanjanganya harus menyesuaikan aturan baru. Toko modern yang melanggar aturan akan ditertibkan, sebelum berdiri mereka harus menyesuaikan ketentuan, mualai dari jarak dengan pasar tradisional, melakukan analisa ekonomi, dan kajian sosial ekonomi. “Kita minta setiap toko modern atau minimarket memberikan tempat 5  persen dan luas toko tersebut kepada produk-produk lokal,” sambungnya.

Diketahui, yang akan diatur dalam Raperda tersebut tidak hanya, Supermarket, minimarket, tatapi semua toko-toko modern. Sebab saat ini banyak toko milik pribadi tidak waralaba atau perusahaan besar, tetapi sistemnya sudah menjalankan sistem toko modern. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author