Published On: Sab, Jul 5th, 2014

Toko Buku Religi Dibanjiri Pemburu Referensi

TUBAN

MENINGKAT TAJAM: Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah gerai buku di Kota Tuban yang menyediakan ragam referensi Islam berbagai mazhab.

MENINGKAT TAJAM: Ramadhan menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah gerai buku di Kota Tuban yang menyediakan ragam referensi Islam berbagai mazhab.

seputartuban.com-Ramadhan selain sebagai momen meningkatkan investasi amaliyah, bulan seribu bulan ini banyak dimanfaatkan untuk menggali berbagai referensi pengetahuan tentang Islam itu sendiri.

Berburu pelbagai sumber ilmu dari media online saja dianggap tidak cukup. Ini karena “kitab digital” masih harus dikomparasikan dengan “kitab analog” dalam bentuk off print. Tak pelak, momen ini menjadi berkah tersendiri bagi sejumlah gerai buku di Kota Tuban yang menyediakan ragam referensi Islam berbagai mazhab.

Lilis, salah satu karyawan toko buku “Sumber Ilmu” di Jalan Pemuda Tuban, mengatakan rata-rata perhari di bulan puasa ini gerainya mampu menjual 30-40 kitab. Hal ini kontras dengan bulan biasa  yang cuma laku sekitar 8-10 kitab per hari. Meski tidak mencatat secara pasti transaski di tokonya, tetapi dia merasakan lonjakan pembeli saat jelang puasa hingga malam “likuran”.

“Kira-kira untuk omset penjualan buku tentang agama maupun kitabnya sehari bisa mendapatkan Rp 800 ribu sampai dengan Rp 1 juta,” ucap Lilis, kepada seputartuban.com Sabtu (05/07/2014) pagi.

Menurut dia, mayoritas pemburu kitab agama tersebut berasal dari komunitas pondok pesantren dan keluarga. Mereka kebanyakan membeli kitab suci Al Quran, hadits-hadits, hikayat, Tafsir Al Misbah dan tahlil.

Disebutkan, untuk kitab-kitab tersebut didatangkan secara khusus dari Surabaya. Harga kitab bervariasi mulai Rp 10 ribu sampai dengan Rp 100 ribu. Tergantung jenis dan isi dalam bacaannya.

“Memang sengaja disediakan beberapa pilihan, supaya pembeli bisa memilih yang disukai,” tandasnya.

Selain itu, terdapat pula beberapa judul buku tambahan seperti inspirasi dan cara praktis menggunakan jilbab serta resep kue-kue khas lebaran. Selama ramadhan, pihaknya juga menyelenggarakan program promo untuk pembelian buku-buku tertentu dengan pembelian minimal Rp 100 ribu.  AMIN

Facebook Comments

About the Author