Published On: Sab, Feb 27th, 2016

Tips Komisi B Agar PAD Tuban Meningkat

TUBAN

MUHAMAD MUSA: Jalan-jalan desa memang bukan proyek prestisius, tapi yakinlah akan lebih banyak berguna bagi masyarakat kecil.

MUKHAMAD MUSA

seputartuban.com – Komisi B DPRD Tuban menyampaikan sejumlah saran agar pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Tuban meningkat. Sejumlah bidang harus dilakukan optimalisasi manajemen pengawasan maupun pemasaranya.

Anggota Komisi B DPRD Tuban, Mukhammad Musa mengatakan beberapa sektor harus dibenahi untuk meningkatkan PAD. Bidang pariwisata yang saat ini masih lemah, retribusi parkir dan pasar perlu ditingkatkan. Serta optimalisasi pajak galian C juga sangat membantu meningkatkan penerimaan pendapatan daerah. “Sektor pariwisata harus digenjot. Retribusi parkir dan retribusi pasar,” ungkapnya, Kamis (26/2/2016).

Semakin banyaknya tambang ilegal yang beroperasi dan dibiarkan akan semakin merugikan. Selain pendapatan daerah yang hilang, juga kerusakan lingkungan. Karena merea beroperasi tanpa dasar pedoman yang jelas. “Dari sektor pajak galian C juga iya,” imbuhnya.

Untuk sektor wisata, Pemkab harus serius mengelola yang sudah ada. Baik sisi manajemen maun pelayanan kepada pengunjung. Selain itu mengoptimalkan wisata baru yang potensi untuk dikembangkan. Karena hingga saat ini sektor wisata di Tuban masih terkesan dikelola setengah hati. “Khusus parawisata harus ada upaya optimal untuk mengelola. Contohnya soal kebersihan wisata bom kurang perhatian. Saya menyarankan pintu masuk otomatis, untuk ngurangi kebocoran,” ungkap politisi Golkar itu.

Meningkatkan pendapatan daerah juga sangat perlu meningkatkan agar tidak banyak terjadi kebocoran hasil retribusi. “Pengawasan dan pengunaan alat-alat otomatis. Seperti pintu masuk pasar, parkir dan wisata bom,” tegasnya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author

Videos