Published On: Kam, Agu 29th, 2013

Tips Haji Dari Gus Mus

Share This
Tags

TUBAN

seputartuban.com – Ratusan Calon Jama’ah Haji (CJH) dari sejumlah Kelombok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) di Kabupaten Tuban mendapatkan kesempatan emas. Yakni mendengarkan langsung bimbingan ulama sekaligus budayawan ternama, KH Mustofa Bisri (Gus Mus), di Gedung Graha Sandiya, Perumdin PT. Semen Indonesia, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Rabu (28/08/2013) malam.

CJH Dibimbing Gus Mus

BERKESAN : Gus Mus saat menyampaikan tausiyah dihadapan ratusan CJH Tuban

Dalam kesempatan ini, Gus Mus menyampaikan agar para CJH selalu bersabar dan tidak bertengkar selama menjadi tamu Allah SWT. Menurut bapak 7 anak suami dari Siti Fatimah ini saat menunaikan ibadah rukun islam yang ke 5 sangat besar godaannya.

Gus Mus juga memberikan contoh diantaranya berdesakan, barang hilang dicuri, terpukul sampai terinjak. “Apabila semua terjadi pada anda semua maka harus bersabar dan dilarang membalas. Jangan seperti saat kampanye pemilu yang saling membalas, ” ujarnya.

Mantan Rois Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) Periode 1994 – 1999 dan 1999 sampai 2004 itu juga berpesan agar para CJH tidak mudah terprovokasi. Karena banyak kelompok, ras, golongan dan berbagai macam cara beribadah di tanah suci. Sehingga harus tetap menggunakan aqidah dan tuntutan yang sudah diajarkan.

Ulama alumni Ponpes Hidayatul Mubtadin Lirboyo, Kediri dan Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir itu juga menyampaikan lokasi agar do’a mustajab (mudah dikabulkan). Diantaranya, ka’bah, bukit sofa dan bukit marwah, makam Nabi Muhammad SAW dan lainnya. “Jangan dibuat syirik, justru dibuat kesempatan di ka’bah untuk menjadi dukun, itu salah besar,” lanjutnya. (han)

Facebook Comments

About the Author