Published On: Ming, Mei 19th, 2013

Tindak Lanjut Pemeriksaan PDI Perjuangan, Panwaslu Menunggu Bawaslu

Share This
Tags

TUBAN

DISOROT : Mobil yang ditumpangi Bambang DH dan rombonganya

DISOROT : Mobil yang ditumpangi Bambang DH dan rombonganya

seputartuban.com – Selama beberapa hari kemarin, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tuban melakukan pemeriksaan kepada kader PDI Perjuangan. Atas dugaan pelanggaran Pemilu dalam sosialisasi politik di Lapangan Desa Laju Kidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Sabtu (11/05/2013).

Namun, Panwaslu Kab. Tuban belum dapat memutuskan tindakan yang akan diambil. Karena masih konsultasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jatim. Selain itu berkas pemeriksaan juga belum lengkap, karena sejumlah Kader PDI Perjuangan tidak memenuhi panggilan pemeriksaan.

Ketua Panwaslu Kab. Tuban, Sullamul Hadi, saat dikonfirmasi dikantornya, Sabtu (18/05/2013) menegaskan sementara ini pihaknya masih menemukan dugaan pelanggaran kampanye. Karena, didalamnya terdapat ajakan terhadap kadernya untuk kemenangan Bacagub dan Bacalegnya. Serta penggunaan fasilitas negara untuk kampanye. “Minggu malam kita pleno, Senin kita mengetahui hasilnya. Sekarang masih kajian saja,” jelasnya.

Lebi lanjut Sullamul Hadi juga menyayangkan ketidak hadiran 5 Kader PDI Perjuangan dalam pemeriksaan. Karena hanya hadir 2 kader yakni Ketua Panitia Penyelenggara, Sukirno. Dan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Tuban, Abu Cholifah serta kuasa hukumnya.

Hal ini mempengaruhi hasil pemeriksaan, keterangan yang dibutuhkan langsung dengan para pelaku penyelenggara sosialisasi, bukan kuasa hukum. “Kami sebenarnya memanggil orangnya bukan kuasa hukumnya. Karena butuh kejelasan langsung saat meriksa. Kalau kuasa hukum ranahnya sudah di pengadilan, ” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author