Published On: Sel, Agu 6th, 2019

Tim Survey Seismik Diusir Warga Pongpongan Merakurak

seputartuban.com, MERAKURAK – 50 warga Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Selasa (6/8/2019) mengusir pekerja survey seismik 3D di desa setempat. Karena mereka merasa tidak dilibatkan dalam proses sosialisasi maupun belum ada kesepakatan dengan warga.

DIUSIR : Para pekerja survey seismik sedang mengemasi peralatannya untuk pergi dari lahan tersebut

Warga memberhentikan para pekerja saat sedang melakukan pekerjaannya. Para pekerja nampak kaget dan menuruti desakan warga dengan mengemas peralatan kerjanya. Pemilik lahan tidak mendapatkan sosialisasi maupun tidak pernah memberikan izin lahannya untuk dilakukan pekerjaan tersebut.

“Memang sosialisasi sudah dilakukan tingkat desa, tetapi banyak warga yang tidak terlibat dalam sosialisasi, termasuk saya .Tahu-tahu sudah ada 3 titik yang di bor,” ungkap Tabah Ali (29), saat di konfirmasi seputartuban.com.

Dia menambahkan sosialisasi yang telah dilakukan bukan hasil akhir. Karena dalam pertemuan tersebut belum ada kesepakatan bersama. Keinginan masyarakat adanya kompensasi belum disepakati. “Dalam sosialisasi di Balai Desa yang diundang kurang lebih hanya 20 warga yang mengikuti. Itupun tidak semua warga tahu yang lahannya dipasang patok,” katanya.

Tabah menguraikan pihak perusahaan telah berjanji tanah akan dikembalikan seperti sediakala. Namun soal kompensasi biaya masih akan dibahas oleh perusahaan. Karena masih dipertimbangkan apakah sebanding dengan pekerjaan survey seismik yang dilakukan.

“Sosialisasi harus melibatkan pihak yang memiliki lahan. Selain itu dari masyarakat juga harus didengarkan permintaannya seperti apa. Pemilik lahan tidak hanya mendengarkan apa yang akan dilakukan pihak Perusahaan,” harapnya.

Saat dikonfirmasi terkait dengan pemberhentian pekerja pengeboran survei seismik 3D, hingga berita ini dipublikasikan pihak PT Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) belum menanggapi kejadian ini. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos