Published On: Ming, Jun 3rd, 2012

Tim Polda Jatim Juara Umum Kejurnas Offroad Seri 3

Share This
Tags

Penulis: Hanafi

SEMANDING

seputartuban.com – Kejuaraan Nasional Offroad Seri 3 yang diadakan Oleh Ikatan Mototr Indonesia ( IMI) selama 2 hari sejak Jum’at (02/06/2012) hingga Minggu (03/06/2012) di menangkan oleh Tim Grage Zebra Off sebagai juara Umum.

Sebelumnya, Seri 1 Kerjurnas Offroad 2012 digelar di Jakarta, kemudian seri 2 di Tasikmalaya. Kompetisi Offroad tingkat nasional seri 3 ini diadakan di Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, dengan 69 kendaraan offroad  yang tergabung dalam 23 tim dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan dan Jawa.

Semua Tim berlomba dengan kendaraan modifikasi yang mempunyai exelerasi dan kesepatan tinggi, untuk memperebutkan gelar juara umum, juara Result Individu atau perseorangan.

Dalam ajang olahraga bergengsi ini mempertandingkan mobil 2500 Cc hingga 2501 cc ini.

Perlombaan dimulai dengan Tim beregu dengan track Halang Rintang medan. Dan perorangan untuk menjadi yang tercepat dari peserta lainya dengan terjal.

Dari hasil penjurian, juara Result/ tim di menangkan oleh Tim dari surabaya, Polda Jawa Timur, Grage Zebra Off dengan nilai di Special State (SS) pertama hingga akhir berjumlah 328 poin. Nampak diantaranya Kombes Pol Sambudi Gusdian dan AKP Sumarji ikut beraksi dalam ajang offroad kali ini.

Poin Grage Zebra Off menyisihkan lawan-lawanya, salah satunya Tim satu kota yang dimotori Wawan, Jangkar Miring Hiu, dengan mendapatkan nilai 321 poin. Sehingga menempati urutan ke 2 untuk kategori perlombaan Tim/ result.

Sedangkan juara ke 3 diraih oleh tim dari Jawa Barat, besutan Didi Kiwil dari Tim Alpindo 47 yang sejak SS pertama sudah memimpin  hingga SS 7 mendapat poin 244.

Selanjutnya diurutan ke empat ada J Adventure Melia Laundri dari DI Yogyakarta dengan perolehan nilai 206 poin. Peringkat 5 diraih Galunggung dari Jawa Barat, Tim asuhan Offroader kawakan, Hengki ini mendapat poin 193.

Dalam ajang kompetensi Adventure Offroad ini juga dilombakan ajang bakat kecepatan untuk perseorangan. Kemabali berhasil menggondol juara, Tim Grage Zebra Off menjadi juara pertama dengan waktu tercepat yaitu 01. menit, 30 detik, 701 second. Waktu ini tidak ada yang bisa lebih cepat dari penampilan Offroader muda bernama Sumardji di banding  tim yang lain, sehingga dia unggul dan mendapat juara pertama.

Untuk juara ke 2 di peroleh Offroader Asep Rosadie dari Jawa Barat dengan Tim Galunggung 1. Ketangkasan dalam memacu mobil Jeep tahun 1982. Modifikasi dengan dapur motor 2500 cc dia mampu memperoleh total waktu hingga 01 menit, 31 detik, 607 second.

Diurutan ketiga ada Grage Comunnity dengan Offroader muda umur 22 bernama Daniel asal Surabaya, total waktu yang dia perlukan dalam menempuh medan bekas tambang sepanjang 800 meter, hanya di butuhkan 01 menit, 34 detik, 332 second. Akhirnya dia menempati urutan ketiga.

Untuk urutan ke empat dimiliki Roader dari bumi Ronggolawe Tuban, Arif Prasetyo tim Ronggolawe Tuban Dispenda Jatim, dengan peroleh waktu tempuh selama 01 Menit, 34 detik, 988 Second.

Diurutan ke 5 ada Grage Zebra Off 2 dengan jumlah total waktu selama 01 Menit, 36 detik, 209 second. Selain itu ada juga perorangan dengan kapasitas 2501 cc, juara 1 diraih Jangkar Miring Hiu dari surabaya, dengan waktu 01.29.219 menit.

Menurut Promotor acara sekaligus Ketua Panitia Pelaksana dari Genta Autosport, Cahyadi Gunawan, kepada seputartuban.com, mengatakan bahwa dipilihnya kembali track diwilayah Kecamatan Semanding, Tuban ini karena track di Tuban ini memang paling bagus dan hebat, tracknya juga paling ekstrim.

“Track disini itu belum berubah dari dulu, masih baik untuk ajang ini, sehingga kami gunakan lagi, meskipun banyak kendaraan yang rusak dan para Offroader yag terluka, termasuk anak saya, Mariaci saat perorangan kakinya terbentur karena track tikungan tajam,” ungkapnya.

Sedangkan menurut salah satu peserta, Natasya, dari Ofroader Banteng Merah Bojonegoro menjelaskan bahwa track yang ada di Tuban ini sangat ekstrim sehingga sangat cocok untuk adu adrenalin.

“Saya ingin menjadi Offroder nasional bahkan ingin seperti Offroader internasional, yang bisa memberikan prestasi untuk bangsa,” harap cewek yang baru 2 tahun terjun sebagai Offroader itu.

Foto : Para offroader saat berjibaku melintas track terjal

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author

Berita Terkini

Videos