Published On: Kam, Des 4th, 2014

Tidak Semua Warga Miskin Tuban Disasar PSKS

Share This
Tags

KEREK

TIDAK MERATA: Sejumlah warga Desa Margomulyo Kecamtan Kerek mengantre pencairan dana PSKS, Kamis (04/12/2014) pagi.

TIDAK MERATA: Sejumlah warga Desa Margomulyo Kecamtan Kerek mengantre pencairan dana PSKS, Kamis (04/12/2014) pagi.

seputartuban.com–Sebanyak 5.283 keluarga tidak mampu di Kecamatan Kerek menerima bantuan dana program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) yang merupakan rangkaian trilogi “kartu sakti” Presiden Joko Widodo, sepanjang Kamis (04/12/2014) hari ini.

Hanya saja, pencairan dana sosial di Balai Desa Margomulyo, Balai Desa Wolu Tengah dan Balai Desa Tengger yang sebelumnya bernama BLSM tersebut, seperti halnya yang terjadi di bebagai tempat justeru menyisakan kontroversi.
Bantuan yang diharapkan dapat membantu warga miskin ternyata tidak sesuai dengan harapan pemerintah. Sebab bantuan tersebut tidak tepat sasaran. Warga yang benar-benar hidup di bawah garis kemiskinan malah luput dari sasaran. Sementara keluarga yang secara kasat mata tampak sejahtera malah dapat.

Faktar jungkir balik tersebut diakui Camat Kerek Rochman Ubaid. Dia mengatakan perlu dilakukan perubahan data supaya bantuan yang diberikan tidak salah sasaran.

“Data yang dipakai saat ini sudah tidak sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Sebab data yang dipakai untuk pencairan dana PSKS adalah  hasil pendataan tiga tahun yang lalu. Padahal kondisi ekonomi masyarakat ada yang sudah mengalami perubahan. Ada beberapa warga yang sebenarnya sudah tidak layak menerima bantuan tersebut,” jelas Rochman.

Menurut dia, hal itu kemudian menimbulkan permasalahan di tingkat desa. Sebab masih ada keluarga miskin yang tidak mendapatkan bantuan. Kepala desa sendiri tidak berani membatalkan mereka yang sebenarnya sudah tidak layak menerima dana PSKS.

“Karena penerima dana PSKS adalah pemegang kartu perlindungan sosial (KPS). Ini perlu ada perhatian khusus dan kebijakan dari pemerintah pusat agar bantuan ini benar-benar tepat sasaran,” tandas dia.

Terpisah, Sekretaris Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban Nawawi, mengatakan  pihaknya tidak tahu menahu tentang data penerima dana PSKS. Sebab pemerintah pusat langsung memberikan kewenangan penyaluran dana itu kepada kantor pos.

“Bahkan tidak ada pemberitahuan sama sekali dari pemerintah pusat terkait pelaksanaan pencairan dana PSKS tersebut,” tutur Nawawi.  MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author