Published On: Rab, Mei 3rd, 2017

Tiap Hari Sabtu Pelajar Libur Sekolah Akan Diberlakukan

seputartuban.com, TUBAN – Adanya wacana dari pemerintah pusat tentang jadwal masuk sekolah SD dan SMP pada hari Sabtu diliburkan akan diberlakukan di Kab. Tuban. Namun pelaksanaanya menunggu instruksi dari pemerintah pusat dan Provinsi Jatim.

Kepala Dinas Tuban, Sutrisno

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Sutrisno, Selasa (2/5/2017) mengatakan aktifitas sekolah tiap hari Sabtu akan diliburkan dan berlaku secara nasional. Saat ini masih menunggu hasil kajian dan evaluasi dari provinsi. Dimungkinkan dalam waktu dekat akan diberlakukan.

“Kami masih menunggu hasil keputusannya dari dinas pendidikan provinsi, saat ini masih dilakukan pembahasan tentang penyesuaian jam pelajaran. Harapanya dari waktu luang yang disiapkan itu dapat dimanfaatkan oleh para orang tua siswa sebaik mungkin,” terangnya.

Menurutnya, jika wacana tersebut benar-benar diberlakukan, maka yang akan dilakukan adalah penambahan jam belajar hari Senin sampai Jumat. Yakni selama 5 jam setiap hari menjadi 8 jam. Sedangkan hari Sabtu dan Minggu agar digunakan aktivitas bersama keluarga.

Diharapkan saat hari libur tersebut, selain dapat memberikan kesempatan bagi siswa  menikmati waktu berkumpul bersama keluarga lebih lama. Para orang tua diminta agar lebih banyak melaksanakan berbagai kegiatan menyenangkan melibatkan anak. Diantaranya memberikan edukasi, membantu pengembangan minat dan bakat anak sehingga proses pendidikan karakter di tengah-tengah keluarga dapat berjalan dengan baik.

“Keluarga bisa mengisinya dengan berekreasi bersama ke tempat wisata. Selain dapat menghilangkan jenuh, hal ini juga mampu mendongkrak peningkatan PAD yang diperoleh pemerintah kabupaten dari masing-masing tempat wisata itu,” pungkasnya.

Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan untuk melakukan musyawarah melibatkan seluruh wali murid di masing-masing sekolah. Ketika wacana Sabtu sebagai libur sekolah nasional tersebut diterapkan.  ARIF AHMAD AKBAR

Facebook Comments

About the Author