Published On: Jum, Jun 10th, 2016

THR Harus Sudah Dibayar 7 Hari Sebelum Hari Raya

TUBAN

seputartuban.com – Upaya menyejahterakan tenaga kerja (Naker) dan menegakkan aturan, Dinas sosial dan tenaga kerja (Dinsosnaker) Kabupaten Tuban akan mengirimkan surat edaran ke seluruh perusahaan terkait pembayaran tunjangan hari raya (THR) untuk karyawan beberapa hari kedepan.

Surat Edaran THR yang dikeluarkan Dinsosnaker

Surat Edaran THR yang dikeluarkan Dinsosnaker

Kabid Hubungan Industri dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinsosnaker Tuban, Slamet Widodo, menjelaskan surat dengan nomor 560/1255/414.054/2016 tersebut mendasar pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI nomor 6 tahun 2016 tentang THR Keagamaan Bagi Pekerja dan Buruhan Perusahaan.

“Tunjangan hari raya adalah hak dari tenaga kerja yang wajib diberikan perusahaan, ini juga merupakan salah satu bentuk menseyahterakan tenaga kerja,” kata Slamet, Kamis (9/6/2016).

Saat ini instansinya sudah menyiapkan surat edaran tersebut dan akan disebarkan pada tanggal 10 Juni 2016. Juga akan dilakukan pemantauan secara berkala ke seluruh perusahaan agar taat terhadapa SE tersebut. THR juga akan dipisahkan antara Naker Muslim dan Non Muslim. Pada prinsipnya semua Naker akan memperoleh THR, dengan pembagiannya disesuaikan dengan hari raya keagamaannya masing-masing. “Pembayaran THR selambat lambatnya 7 hari sebelum hari raya keagamaan,” pungkasnya.

Diketahui, jumlah perusahaan yang terdaftar di Dinsosnaker Tuban sebanyak 857 perusahaan. Dengan pembagian, Perusahaan besar ada 71 Perusahaan, Perusahaan sedang ada 226, dan Perusahaan kecil sebanyak 560 Perusahaan. Sedangkan jumlah Naker mencapai 41.524 orang, dimana laki laki ada 36.218 orang dan perempuan ada 5.306 orang. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author