Published On: Jum, Des 20th, 2013

Tersumbat Enceng Gondok, 552 Rumah Terendam Banjir

Share This
Tags

JENU

seputartuban.com – Seanyak 552 rumah di 2 desa terendam banjir. Yakni sebanyak 352 rumah berada di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Serta 200 rumah di Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Enceng gondok sebabkan banjir Jenu

SUMBAT SALURAN : Warga gotong royong membersihkan enceng gondok disungai agar banjir tidak semakin meluas

Tergenangnya rumah warga disebabkan akibat luapan air sungai yang melintas di desa tersebut. Air hujan lebat yang berasal dari kawasan Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban bermuara di sungai itu. Air meluber dan memasuki pemukiman warga.

Diperparah dengan banyaknya tumbuhan sungai, enceng gondok. Mengakibatkan aliran sungai tersumbat. Untuk mengurangi dampak meluasnya banjir, warga bergotong royong membersihkan tumbuhan liar itu.

Plt Kades Desa Sumber, Priyono saat dikonfirmasi Kamis (19/12/2013) mengatakan bahwa rumah warga yang tergenang banjir sekitar 30 Cm sampai 60 Cm. Air tidak bisa dibuang ke sungai dikarenakan gorong-gorong menuju sungai tersumbat.

Sehingga dia menghimbau kepada warga untuk membersihkan sungai. Dengan alat seadanya, enceng gondok diurai. Namun banyaknya enceng gondok membuat warga tidak dapat membersihkan semuanya. Sehingga air masih tersumbat. “Saking banyaknya mas. Ada 5 Km panjang sungai dipenuhi enceng gondok,” ujarnya.

Kondisi serupa terjadi di Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu. Luberan air sungai membuat ratusan rumah di tergenang. Karena kondisi yang sama, yakni enceng gondok menyumbat aliran sungai disalah satu jembatan desa setempat.

Camat Jenu, Kasmuri, saat mendatangi lokasi banjir mengatakan kondisi ini disebabkan arus air tidak lancar. Gorong-gorong dan sungai tersumbat oleh enceng gondok. “Kalau lahan persawahan lebih 200 Hektar yang tergenang. Hampir 90% gagal panen. Kita masih koordinasi dengan pihak Dinas Pertanian,” ungkapnya. (han)

Facebook Comments

About the Author