Published On: Sel, Des 27th, 2016

Terminal Wisata Tuban “Jadi Tempat Sampah” Dibiarkan Saja

TUBAN

seputartuban.com – Terminal Wisata Sunan Bonang yang berada di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban nampak kotor dan seolah menjadi tempat pembuangan sampah. Terlihat banyak sampah dibiarkan berserakan, sehingga membuat pemandangan tidak sedap dan mencerminkan amburadulnya pengelolaan tempat parkir milik Pemkab Tuban tersebut.

TIDAK TERURUS : Sampah dibiarkan berserakan di terminal wisata, Kebonsari, Tuban, sangat mengganggu pedagang dan pengunjung, Senin (26/12/2016).

Menurut salah satu Pedagang yang juga selaku Wakil Ketua Paguyuban Pedagang, Sutiono (40) mengatakan bahwa permasalahan sampah itu sudah lama terjadi dan tidak ada tindakan dari pihak pemerintah daerah. Terbukti tidak adanya petugas kebersihan yang membersihkan tempat tersebut. Padahal bus yang parkir sudah membayar biaya kebersihan sebesar Rp. 5.000.

Sedangkan biaya parkir ditempat itu setiap bus dikenai biaya sebesar Rp 10.000 untuk setiap 2 jam. Pedagang merasa tidak nyaman karena dengan banyaknya sampah yang berserakan membuat pengunjung yang mau membeli makanan enggan, karena sampah berserakan di depan warung. “Kita sudah sering mengeluh kepada pengelola yaitu petugas Dinas Perhubungan, namun tidak ada tindakan,” kata Sutiono, Senin (26/12/2016).

Sedangkan untuk membersihkan sampah tersebut biasanya dibersihkan oleh tukang becak yang mangkal. Selain onggokan sampah, yang menjadi persoalan lainya adalah banyaknya becak yang diparkir di bawah pohon yang biasanya dipakai pengunjung untuk berteduh dan menikmati makanan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Tuban, Rasmani mengatakan bahwa hal itu membuktikan bahwa amburadulnya pengelolaan tempat parkir wisata yang seharusnya dikelola dengan baik. Seharusnya Pemkab Tuban dapat mencerminkan Tuban Bumi Wali yang mengutamakan kebersihan dan kenyamanan bagi para peziarah Sunan Bonang. “Saya lihat pengelolaan tempat parkir tersebut sangat amburadul dan perlu adanya tindakan dari Pemerintah Daerah,” harap Rasmani.

DIBIARKAN SAJA : Salah satu sudut terminal yang dipenuhi sampah berserakan dibiarkan saja, Senin (26/12/2016)

Rasmani menambahkan, bila sudah ada retribusi untuk biaya kebersihan lalu kemana biaya tersebut dan untuk apa ?. Meskipun tidak ada retribusinya Pemkab harus bertanggungjawab dalam menjaga kebersihan tempat parkir wisata tersebut, sebab Pemkab dapat pemasukan dari tempat tersebut. “Kita sudah sering sampaikan kepada pemerintah daerah, namun tidak ada tindakan dan pengelolaannya masih tetap seperti semula,” ujarnya.

Komisi B DPRD Tuban berencana akan memanggil penanggungjawab tempat parkir tersebut dan juga minta penjelasan dari Pemkab Tuban bagaimana konsep dari pengelolaan tempat parkir wisata yang selalu ramai pengunjung. Apalagi pada saat hari libur, tempat tersebut dipenuhi pengunjung yang kebanyakan berasal dari luar Tuban. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author