Published On: Sel, Sep 25th, 2012

Terlalu Lama Menunggu CJH, Pemberangkatan Haji Molor

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

seputartuban.com – 763 Calon Jamaah Haji (CJH) telah  berangkat dari halaman Kantor Pemkab Tuban, Selasa (25/09/2012). Pemberangkatan yang dilepas langsung oleh Bupati Tuban, Fathul Huda ini sempat molor sekitar 1 jam dari jadwal semula.

Pemberangkatan ini disebabkan karena para CJH datang terlambat ke lokasi pemberangkatan. Yakni terlalu lama pemberangkatan CJH dari kecamatan masing-masing karena harus diceramahi terlebih dahulu. Selain itu juga saat di sekitar lokasi, terlalu lama bercengkerama dengan keluarganya masing-masing. Atau tidak segera memasuki bus yang telah disediakan.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Leksono, saat dikonfirmasi wartawan, mengelak bahwa pemberangkatan molor tidak sesuai jadwa. “Biasa kalau ada keterlambatan, namun sudah sesuai jadwal, pukul 07.30 WIB, kita berangkatkan,” ungkapnya.

Diketahui bahwa, pemberangkatan CJH ini dengan menggunakan 17 armada bus. Dengan rincian 445 jamaah kelompok terbang (Kloter) 14 menaiki 10 bis, dan 318 jamaah Kloter 15 menaiki 7 bis. “Ada 17 bis yang akan mengantar pemberangkatan CJH ke Embarkasi Surabaya. Nanti kita menginap sehari semalam, dan hari Rabu tanggal 26 september, kita berangkatkan jam 11 malam, ke Mekah, ” jelasnya.

Dalam pemberangkatan Haji kali ini sebanyak 5 CJH batal berangkat dari Kabupaten Tuban. 2 CJH tidak berangkat karena mengundurkan diri, dan 3 lainya tidak ada kesiapan CJH.  Yaitu salah satunya yang mengudurkan diri karena sedang terjerat kasus judi, dan istrinya juga mengundurkan diri.

“Ada 5 CJH yang pindah tempat pemberangkatan, seperti CJH dari Kecamatan Grabagan ada 2, lainnya ada yang ke Jawa Tengah, itu tidak apa- apa yang penting laporan,” tegasnya.

Sementara itu, CJH yang mengundurkan diri sebanyak 5 orang. Sedangkan 2 orang dari Kecamatan Grabagan pindah tempat pemberangkatan ke Kabupaten Bojonegoro. Dan 2 warga Kecamatan Grabagan lainya saat pendaftaran memakai KTP atau berpenduduk di Kecamatan Rengel.  “Ada 5 CJH yang pindah tempat pemberangkatan, seperti CJH dari Kecamatan Grabagan ada 2, lainnya ada yang ke Jawa Tengah, itu tdak apa- apa yang penting laporan, ” imbuhnya.

Foto : Suasana pemberangkatan CJH di halaman Pemkab Tuban

Facebook Comments

About the Author

Videos