Published On: Sel, Feb 18th, 2014

Terkendala Biaya, Nelayan Buat Prahu Instan

Share This
Tags

JENU

seputartuban.com – Karena keterbatasan biaya, Tohirin (29), warga Dusun Krajan, Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban membuat perahu dari tong sampah. Dipergunakan untuk mencari ikan di perairan laut dangkal atau sekitar 10 Km dari bibir pantai.

Perahu Instan Tuban

KREATIVE : Nelayan dengan keterbatasanya membuat perahu dari tong plastik agar tetap dapat melaut dan mendapatkan penghasilan

Saat ditemui di belakang rumahnya, Senin (17/2/2014) menunjukkan perahu buatannya. Yang terbuat dari tong plastik atau biasa dipakai untuk tempat sampah. 1 tong berdiameter 1 meter dan panjang 2 meter itu dibelahnya menjadi 2 bagian, kemudian digunakan untuk badan perahu. Ditambal beberapa kayu dan semen untuk menutupi celah-celah sambungannya. Dia berhasil membuat prahu instan ini.” Sebulan sudah jadi, kalau biayanya sekitar Rp. 300 ribu, ” kata Tohirin.

Setiap hari hanya perahu kecil itulah menjadi transportasi saat menjala ikan. Berbekal dayung dari papan kayu dipergunakannya untuk mengayuh. Tiap kerja, dia memperoleh tangkapan sekitar Rp. 5 Kg sampai 7 Kg, dengan harga ikan per-kg nya sekitar Rp. 5 ribu. Sehingga pendapatan kotornya sekitar Rp. 25 ribu sampai Rp. 35 ribu. ” Ikan dapatnya sedikit karena ditepi. Jalanya juga sekedar menunggu ikan datang, tidak seperti jala kapal besar itu, ” lanjutnya.

Pekerjaan ini sudah dilakukannya sejak 10 tahun yang lalu. Karena tidak memiliki modal cukup sehingga memutar otak untuk membuat perahu instan ini. Nampaknya perahu sederhana ini juga diminati nelayan lain yang memiliki kondisi ekonomi serupa.

Mereka memesan kepad Tohir dengan harga Rp. 500 ribu. Ini menjadi pendapata tambahan dan dikerjakan disela-sela tidak melaut. Dalam sebulan sekitar 2 sampai 3 perahu pesanan dibuatnya, laba yang diperolehnya juga sekitar Rp. 100 ribu hingga Rp. 200 ribu. “Kalau ada pesanan ya dibuatkan, kalau tidak ada ya berangkat mencari ikan, ” katanya. (han)

Facebook Comments

About the Author