Published On: Rab, Des 11th, 2013

Tergerus Banjir, Jalur Pantura Berlobang Bahayakan Pengguna Jalan

Share This
Tags

JENU

seputartuban.com – Diduga karena tergerus air hujan, jalan di jalur Pantai Utara (Pantura) Tuban, mengakibatkan badan jalan rusak dan bergelombang. Kondisi ini sangat rawan bagi pengguna jalan, khususnya pengendara kendaraan bermotor roda 2. Pasalnya bisa saja terpeleset dan jatuh.

Jalan pantura rusak

BAHAYA : Kondisi jalan berlubang dan truk parkir sembarangan membahayakan pengguna jalan

Kepala Bina Marga wilayah Kabupaten Tuban, Adi Wibowo, saat dikonfirmasi Selasa (10/12/2013) mengatakan bahwa kerusakan diakibatkan karena lapisan aspal tergerus air hujan lebar yang mengguyur Senin (09/12/2013) malam.

Menurutnya, air hujan yang menggenangi jalan itu berasal dari sisi selatan Jl. Teuku Umar, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Jalan sempat banjir karena gorong-gorong tidak bisa mampu menampung air hujan.

Hal ini mengakibatkan aspal jalan mengelupas. Diperparah dengan banyaknya kendaraan besar yang melintas. Sehingga membuat aspal jalan bergelombang dan rusak. Ada sekitar 5 titik kerusakan dengan masig-masing berdiameter sekitar 3 meter. “Kita sudah jadwalkan untuk perbaikan,” singkatnya.

Kondisi diperparah dengan banyaknya truk-truk bertonase besar parkir dipinggir jalan. Sehingga pengguna jalan lain harus ekstra hati-hati saat melintas. Bisa saja, karena mengindari lubang, menabrak truk parkir. Badan jalan yang seharusnya berukuran 7 meter sampai 7,5 meter untuk 2 arah, hanya bisa digunakan sekitar 5 meter saja. Disebabkan adanya kendaraan yang parkir sembarangan.

Terkait hal ini, Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Yuli Purnomo saat dikonfirmasi ditempat berbeda mengatakan pihaknya sudah melakukan penertiban. Dia menjelaskan jika masih ada truk parkir, sedang rusak atau ganti roda. “Itu ganti roda kalau tidak itu ya kempes. Kalau ada yang parkir menyallahi kita tindak kok, ” kilahnya. (han)

Facebook Comments

About the Author