Published On: Sab, Jun 7th, 2014

Terdapat 6.302 Pemilih Baru Dalam Pilpres

Share This
Tags

TUBAN

BERTAMBAH : Rapat pleno penetapan DPT Pilpres ( Juli 2014

BERTAMBAH : Rapat pleno penetapan DPT Pilpres ( Juli 2014

seputartuban.com – Pada Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014, di Kabupaten Tuban terdapat sebanyak 6.302 pemilih baru. Jumlah ini meningkat dibanding Daftar Pemilih Tetap (DPT0 Pemilihan Legislatif (Pileg) lalu.

Saat ini DPT Pilpres yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban dalam rapat pleno, Sabtu (07/06/2014) sebanyak 929.160 pemilih. Jumlah tersebut menurun dibanding Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yaitu sebanyak 931.033 pemilih, atau terjadi pengurangan sebanyak 1..873 pemilih.

Divisi Pendaftaran Pemilih KPUD Tuban, Yayuk Dwi Agus Sulistiarini saat diwawancarai mengatakan, berkurangnya pemilih dari DPSHP ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) karena terdapat pemilih ganda, meninggal, pindah domisili atupun berstatus TNI/Polri saat dilakukan verifikasi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ataupun Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Pengurangan tersebut setelah dilakukan perbaikan dan verifikasi oleh petugas yang ada dibawah. Karena ditemukan ganda, meninggal dan pindah domisili, sebab yang dipakai acuan DPSHP adalah DPT Pileg kemarin,” jelas Yayuk.

DPT Pilpres dibandingkan dengan DPT Pileg mengalami penambahan. Hal ini karena terdapat pemilih pemula. “Untuk pemilih yang belum terdaftar akan dimasukkan dalam DPK, dan pendataan bisa dimulai besok sampai H-14 hari. Masyarakat yang belum terdaftar bisa segera melaporkan kepada petugas, agar bisa menggunakan hak pilihnya,” harap Yayuk.

Tempat Pemungutan suara (TPS) menggalami pengurangan dibandingkan Pileg kemarin. Dalam pelaksanaan Pileg ada sebanyak 2.909 TPS sedangkan dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 2.082 TPS, atau mengalami pengurangan sebanyak 287 TPS.  Karena untuk setiap TPS dalam Pemilu Legislatif kemarin maksimal 500 pemilih, kalau Pilpres jumlah pemilihnya maksimal 800 tiap TPS.

“Untuk di Lapas akan kita siapkan TPS khusus seperti kemarin. Namun bagi pemilih yang ada dirumah sakit bisa menggunakan hak pilihnya di TPS yang dekat dengan rumah sakit tersebut,” pungkasnya. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author