Published On: Kam, Nov 12th, 2015

Tenaga Kesehatan Puskesmas Masih Kurang

TUBAN

SAIFUL HADI: Kita rencanakan akan merekrut 90 tenaga mulai dari dokter, perawat, bidan  serta tenaga kesehatan lainnya.

SAIFUL HADI: Kita rencanakan akan merekrut 90 tenaga mulai dari dokter, perawat, bidan
serta tenaga kesehatan lainnya.

seputartuban.com – Tidak adanya rekrutmen dan sedikitnya kuota penerimaan CPNS baru menyebabkan Pemkab Tuban semakin kekurangan tenaga kesehatan di Puskesmas. Sedangkan kebutuhan dasar masyarakat atas pelayanan kesehatan semakin meningkat.

Jika dibiarkan hal ini jelas akan berdampak kurangnya pelayanan di Puskesmas. Agar tidak berdampak demikian seharusnya tiap puskesmas terdapat sedikitnya 27 orang tenaga medis.

Dari 33 puskesmas di seluruh Kabupaten Tuban seharusnya memiliki tenaga minimal 891 orang. Sedangkan saat ini hanya terdapat 632 tenaga. Sehingga untuk standar minimal seharusnya masih kekurangan 259 tenaga.

“Kita masih kekurangan tenaga kesehatan, apalagi setiap tahunnya ada 30 tenaga yang pensiun,” kata Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saiful Hadi, Rabu (11/11/2015).

Sedangkan tahun 2015 ini tidak ada lagi pengangkatan CPNS, kondisinya semakin kekurangan tenaga kesehatan. Untuk mengantisipasi hal itu, Dinkes berencana akan mengangkat tenaga kesehatan Non PNS.

“Karena tidak ada lagi pengangkata CPNS, maka kita akan angkat tenaga non PNS belanja kegiatan dan bukan tenaga kontrak,” jelas Saiful.

Saiful menambahkan tahun 2015 sebanyak 91 tenaga kesehatan non PNS dan juga non kontrak dipekerjakaN. Mereka terdiri dari dokter, dokter gigi, bidan, perawat, farmasi dan juga tenaga administrasi. mereka ditempatkan di puskesmas yang jauh dari perkotaan.

“Kita prioritaskan untuk puskesmas yang jauh dari perkotaan dan juga 8 puskesmas yang akan melaksanakan akreditasi,” sambungnya.

Direncanakan pengangkatan tenaga kesehatan non PNS dan Non Kontrak tersebut akan dilaksanakan selama 4 tahun, etiap tahunnya sebanyak 91 tenaga. Sehingga jika dilakukan rekrutmen selama 4 tahun tersebut, maka kekurangan tenaga kesehatan itu dapat tercukupi. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author