Published On: Rab, Mar 14th, 2018

Tembok Ceria Wujud Membangun Wisata Berbasis Swadaya

seputartuban.com, MONTONG – Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah, Kecamatan Montong Kabupaten Tuban, Jawa Timur memilik tambahan tujuan wisata. Yakni Tembok Ceria yang memanjang sekitar 1 KM. Tembok penahan tanah yang dicat warna warni dapat digunakan berfoto bersama atau swafoto.

Tembok Ceria Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah yang belum selesai pengecatannya sudah sering digunakan foto wisatawan maupun pengguna jalan yang berhenti

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata Siaga, Kamaludin mengatakan pembuatan tembok ceria ini wujud dari pemanfaatan potensi lokal. Yakni tembok penahan tanah yang semulai tidak bernilai wisata, oleh pengurus dijadikan destinasi baru. “Ini upaya menguatkan menjadi Desa Wisata kami. Tembok Ceria selain bisa dipakai foto pengguna jalan juga dipakai wisatawan. Sesuatu yang beda tidak ada ditempat lain. Juga mempercantik desa,” katanya.

Lokasi Tembok Ceria berada di jalan poros Kecamatan Montong – Kecamatan Singgahan. Merupakan jalur utama dari Tuban Kota menunu Tuban selatan dan barat sehingga mudah dilihat banyak orang. “Pengguna jalan masyarakat lokal Tuban atau luar Tuban akan dengan mudal melihat kalau melewati jalur Tuban tengah ini. Ini wujud komitmen kami dalam upaya mewujudkan cita-cita mengurangi kemiskinan melalui Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah,” imbuhnya.

Sementara itu, Penasehat Pokdarwis Siaga, Cipnal Muchlip M mengatakan Tembok Ceria diwujudkan atas izin dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Tuban sebagai pemilik tembok penahan tanah. Sedangkan danannya dari hasil swadaya berbagai pihak.

“Siapa saja atas nama perorangan, lembaga, organisasi, komunitas dan lainnya boleh jadi donatur. Namanya akan ditulis tiap kotak yang dibantu biaya pengecatannya. Dengan teknis pengecatan khusus, setidaknya bertahan setahun lebih,” ungkapnya.

Dari program tembok ceria ini akan terlihat siapa saja yang memiliki komitmen kuat dalam mendukung masyarakat berkembang dan dukunngan kepada kelompok masyarakat yang aktif memperjuangkan nasib sesamannya. “Alhamdulilah sudah mulai ada donaturnya dan mulai dikerjakan rekan-rekan. Total yang dibutuhkan sekitar 145 kotak,” ungkapnya.

Diketahui, Desa Wisata Guwoterus Berbasis Sedekah sudah diresmikan Bupati Tuban, Fathul Huda pada 27 Desember 2017. Memiliki wisata River Tubing, Bike Adventure, Jeep Fun dan Offroad, Kuliner khas burung dara, kerajinan bambu mini ori dan unit pendukung wisata lainnya. Dalam waktu dekat diprogramkan akan membuat Bumi Perkemahan, arena out bound, bukit selfie dan sejumlah unit wisata lainnya. Seluruhnya ada nilai sedekah yang dikumpulkan dan kemudian disetorkan ke Baznas Kabupaten Tuban untuk kemudian disalurkan kepada masyarakat melalui program pemberdayaan. RHOFIK SUSYANTO

Facebook Comments

About the Author

Videos