Published On: Sen, Des 26th, 2016

Telah Lahir Bagimu Juru Selamat, Kristus di Kota Daud.

seputartuban.com, JATIROGO – Tema Natal 2016 yakni “Hari ini telah lahir bagimu juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.” (Lukas 2:11). 25 Desember hari istimewa untuk umat kristiani dan katholik sangat terasa di Kecamatan Jatirogo, khususnya para jemaat Gereja Katholik Santo Yusup.

Romo Gereja Katholik Santo Yusup, Romo Yoseph Eko Budi Susilo

Romo Gereja Katholik Santo Yusup, Romo Yoseph Eko Budi Susilo, menyampaikan setiap tahun jemaatnya yang sebanyak 53 Kepala Keluarga (KK) selalu hikmat dalam menjalankan ibadah dan perayaan Natal. “Setiap merayakan Natal hati kita dipenuhi rasa syukur dan sukacita. Allah berkenan turun ke dunia, masuk ke dalam hiruk-pikuk kehidupan kita. Allah bertindak memperbaiki situasi hidup umat-Nya,” ungkap Romo, Minggu (25/12/2016).

Dia melanjutkan, berita sukacita itulah yang diserukan oleh Malaikat pada Lukas 2:11 “Hari ini telah lahir bagimu juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.” yang menjadi tema Natal 2016 yang disepakati Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Persekutuan Gereja-gereja Indonesia.

Dia menjabarkan, dengan kelahiran Jesus sebagai tonggak bagi umat manusia yang membawa misi keselamatan dan menyebarkan pesan damai untuk manusia dan alam semesta. “Sabda telah menjadi manusia yang tinggal hadir nyata, Tuhan sang juru selamat,” lanjutnya.

Dia berpesan bahwa Natal yang selalu dirayakan dengan penuh semarak dan pesta, agar bisa dirayakan dengan sederhana sesuai dengan kelahiran Kristus dalam keadaan sangat sederhana. ” Allah juru keselamatan menjelma manusia. Bayi yang lemah dan sederhana dalam sebuah kandang mengindikasikan suka cita kehadiran Yesus harus dirayakan dengan sederhaan,” jelas Romo.

Pengagum sosok Gus Dur ini juga berpesan untuk bersama sama menciptakan suasana kehidupan yang toleransi dan rukun antar umat beragama. “Islam yang mengajarkan rahmatal lil alamin dan agama agama lain yang selalu menyampaikan harapan kedamaian serta Natal yang membawa pesan kedamaian seharusnya bisa kita terapkan melalui kerukunan antar umat beragama,” pungkasnya. USUL PUJIONO

Facebook Comments

About the Author