Published On: Jum, Jan 8th, 2016

TBBM Pertamina Tuban Terbakar Saat Lepas Baut Pipa

JENU

MENGAGETKAN WARGA : Kondisi kebakaran di TBBM Pertamina Tuban nampak dari luar pagar

MENGAGETKAN WARGA : Kondisi kebakaran di TBBM Pertamina Tuban nampak dari luar pagar

seputartuban.com – Kebakaran hebat terjadi di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Tuban, Desa Remen Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Kamis, (7/1/2016) sekitar pukul 21.30 WIB. Dugaan sementara api berasal dari valeb pipa penyaluran yang sedang dalam perbaikan.

Awalnya titik api diketahui berasal dari sebuah valeb (keran) pipa penyaluran yang sedang dalam pengerjaan untuk penggantian. Sebelumnya valeb tersebut sedang dalam tahapan pengosongan. Sesaat sebelum kejadian, dilakukan perbaikan dengan membuka baut valeb sebanyak 96 buah. Oleh pekerja pertamina dan pihak kontraktor yang sudah ditujuk oleh perusahaan.

Setelah 96 baut itu berhasil dilepas, tiba-tiba api menyambar valeb yang belum dilakukan perbaikan tersebut. Dengan sekejab api terus membesar dan menyambar 2 pekerja. Sedangkan pekerja lainnya berhasil menyelamatkan diri.

Dalam melaksanakan perbikan tersebut melibatkan sebanyak 30 pekerja, baik dari TBBM maupun kontraktor yang ditunjuk perusahaan. Untuk pengerjaan penggantian valeb langsung dipimpin pimpinan TBBM, Hari Purnomo.

Sementara itu, 2 pekerja yang tersambar api dan mengalami luka ringan adalah Sunardi (35) dan Suntoro (48) warga Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu. Keduanya mengalami luka ringan seperti luka lecet pada bagian lengan dan kaki. Kemudian mereka dibawa ke RSUD Dr. Koesma Tuban untuk mendapatkan perawatan.

“Percikan api diduga berasal dari proses pelepasan baut. Sedangkan didalam pipa itu masih terdapat sisa-sisa bahan bakar, api langsung membesar,” jelas Kapolsek Jenu, AKP. Frihamdani, Jum’at (8/1/2016).

Api berhasil dipadamkan kurang dari satu jam dengan bantuan air yang sudah tersedia disekitar lokaisi. Serta diterjunkan 3 unit pemadam kebakaran, 2 unit milik Pemkab Tuban dan 1 unit milik PT. TPPI. Api mulai padam pukul 22.35 WIB hingga situasi berangsur-angsur membaik. “Kerugian akibat kebakaran tersebut masih belum diketahui,” sambung Kapolsek Jenu.

Sementara itu, pihak TBBM Tuban hingga saat ini masih enggan memberikan komentar. Bahkan saat dihubungi telepon maupun via sms tidak ada jawaban. Kondisi serupa saat Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Suharta. Dia tidak memberikan jawaban saat ditanya hasil sementara olah tempat kejadian perkara, maupun langkah hukum yang akan dilakukan Polres Tuban. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author