Published On: Sab, Apr 19th, 2014

Tanpa Sanitasi Jalur Merakurak-Tuban Mustahil Bebas Banjir

Share This
Tags

MERAKURAK

seputartuban.com-Jalur Merakurak-Tuban menjadi kawasan yang paling berat sepanjang musim penghujan tiba, bagi pengguna jalan yang melintas di kawasan perbukitan Kabupaten Tuban barat ini.

DERITA TAHUNAN: Setiap musim penghujan tiba jalur Merakurak-Tuban selalu menjadi langganan banjir.

DERITA TAHUNAN: Setiap musim penghujan tiba jalur Merakurak-Tuban selalu menjadi langganan banjir.

Kinidisi paling parah terjadi di jalan raya Desa Mandirejo, Merakurak. Kawasan ini seolah tak pernah pernah kering dari genangan air. KOndisi ini harus membuat setiap pengguna jalan ekstra hati-hati. Sebab banyak lobang menganga di tengah jalan tak kelihatan karena tergenang air.

Anggota Komisi D DPRD Tuban, Rudi Hariyanto, menyebut derita tahunan itu disebabkan tidak adanya sanitasi di kanan kiri jalan menuju kawasan pabrik PT Semen Indonesia ini. Kata Rudi, ada perencaan yang kurang tepat saat jalan tersebut dilakukan rehab beberapa waktu lalu.

“Sangat mustahil jalur Merakurak-Tuban bebas banjir tanpa ada fasiltas sanitasi yang berfungsi sebagai jalan air,” tegas Rudi.

Berkaitan kondisi berbahaya setiap hujan mengguyur, dia meminta secepatnya Dinas PU Pemkab Tuban untuk segera membenahi jalan tersebut dengan prioritas membangun sanitasi.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tuban, Choliq Qunnasich, mengklaim tahun anggaran ini jalan tersebut sudah masuk¬† rencana pelebaran untuk jalan. “Saat ini sudah dilakukan tender dan akan segera dilaksanakan pembangunannya,” kata dia.

Namun begitu, sambung Choliq, untuk pembangunan sanitasinya akan dilakukan bertahap karena terbentur anggaran yang ada. MUHLISIN

Facebook Comments

About the Author