Published On: Sel, Apr 9th, 2013

Tanggul Jebol, Ratusan Hektar Sawah Terendam

Share This
Tags

TUBAN

PETANI RESAH : Kondisi tanggul sungai jebol membuat lahan pertanian terendam banjir

PETANI RESAH : Kondisi tanggul sungai jebol membuat lahan pertanian terendam banjir

seputartuban.com – Akibat banjir bandang yang melanda mengakibatkan tanggul sungai jebol. Dan airnya merendam ratusan hektar tanaman padi baru tanam. Bahkan sawah milik petani juga rusak karena dipenuhi lumpur dari tanggul yang jebol. Akibatnya mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Tanggul Sungai Jambon, yang ada di Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, jebol sepanjang 25 meter. Karena tak kuat menahan derasnya arus air banjir bandang. Yang terjadi minggu sore (07/04/2013) kemarin.

Akibatnya air langsung merendam sedikitnya 470 hektar tanaman padi baru tanam. Di 7 desa di 2 kecamatan. Yaitu Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban. Desa Tegalrejo, Desa Bogorejo, Desa Mandirejo, Desa Kapu, Desa Tahulu dan Desa Sendanghaji Kecamatan Merakurak.

Salah satu pertani, Darmadi, saat dikonfirmasi Senin (08/04/2013) mengatakan  sebagian sawah pertanian warga ini rusak akibat terendam lumpur yang terbawa arus air. Akibatnya para petani mengaku mengalami kerugian lebih dari Rp. 400 juta akibat tanaman padinya yang terendam banjir.

“selain tanaman rusak juga lahanya juga. Karena sawah penuh lumpur, itu tidak bagus kalau dibuat pertanian. Tanggulya jebol sepanjang 25 meter, sehingga airnya langsung masuk ke sawah,” ungkapnya.

Jika tanggul sungai Jabon yang jebol tidak segera diperbaiki. Maka tidak menutup kemungkinan banjir akan kembali datang jika hujan tiba. Dan diperkirakan kondisinya akan semakin parah. Warga berharap pemerintah segera menutup kembali tanggul sungai yang jebol. (pit)

Facebook Comments

About the Author