Published On: Sen, Jan 30th, 2017

Tanamkan Wasbang, Danramil Plumpang Konsisten Kunjungi Sekolah

seputartuban.com, PLUMPANG – Perkembangan teknologi saat ini sudah menjangkau hingga pelosok desa, salah satunya adalah semakin kuatnya Media Sosial (Medsos) di masyarakat. Salah satu yang terdampak adalah kalangan pelajar, yang sangat rentan menerima pengaruh buruk atas mudahnya akses informasi.

SEMANGAT KEBANGSAAN : Danramil Plumpang, Kapten Istoha saat menjadi Irup hari senin di MTs Miftahul Ulum, Desa Magersari Kecamatan Plumpang

Karena kondisi saat ini dapat mempengaruhi pola pikir dan tindakan bagi masyarakat khususnya generasi muda. Diantaranya budaya asing, pergaulan bebas, Narkoba dan paham radikal yang dapat merusak bangsa. Sehingga dilakukan secara berkala pembinaan di lingkungan sekolah oleh Danramil 0811/06 Plumpang, Kapten Istoha.

Seperti menjadi inspektur upacara (Irup) hari senin di MTs Miftahul Ulum, Desa Magersari, Kecamatan Plumpang, Senin (23/1/2017). Danramil sebagai Irup memberikan pembinaan kepada seluruh siswa untuk memberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan pendidikan karakter. “Ini penting kita lakukan sebagai wujud nyata pembinaan kepada tunas bangsa,” katanya.

Danramil menyampaikan sebagai bangsa Indonesia yang lahir dengan persamaan rasa yaitu rasa kebangsaan. Sebangsa dan setanah air Indonesia. Sudah terbangun sejak lahirnya sumpah pemuda tahun 1928 dan telah menghantarkan bangsa Indonesia menuju gerbang kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945. “Kebersamaan dan toleransi menjadi penting untuk terus dikuatkan,” imbuhnya.

Sebagai generasi penerus, saat ini tinggal mengisi kemerdekaan untuk menjaga kelangsungan berbangsa dan bernegara. Saat ini sedang terusik oleh berkembangnya faham radikalusme dan maraknya peredaran Narkoba. “Pengaruh budaya asing akan mengakibatkan budaya bangsa dan nilai luhur Pancasila tergeser. Serta budaya gotong royong, saling menghormati, sikap ramah tamah mulai hilang dari kehidupan masyarakat,” tegasnya.

Yang tidak kalah penting adalah penyalahgunaan Narkoba, pergaulan bebas serta terpengaruh aliran sesat menjadi ancaman nyata bagi keutuhan bangsa. Selain itu perbuatan melanggar hukum harus dihindari. “Agar menjadi generasi yang handal untuk memajukan bangsa dan NKRI yang kita cintai ini,” pungkasnya. MUHAIMIN

Facebook Comments

About the Author