Published On: Jum, Feb 15th, 2013

Tampung Keluhan Masyarakat, Panwaslu Buka SMS Centre

Share This
Tags

Penulis : Hanafi

TUBAN

panwasluseputartuban.com – Adanya selisih jumlah Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilbup lalu membuat Panwalu Kabupaten Tuban mulai pasang badan. Pengawas pemilu ini membuka layanan short message sevice (sms) centre untuk menampung aduan masyarakat.

DP4 yang sudah diserahkan Pemkab Tuban kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban sebanyak 834.364 jiwa. Sedangkan. Data Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada tahun 2011 sebanyak 908.541 jiwa. Sehingga ada selisih jumlah sebanyak 74.194 jiwa.

Divisi Pendaftaran Pemilih dan Teknis KPUD Kabupaten Tuban, Yayuk Dwi Agus S, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Kamis (14/2/2013) mengatakan bahwa, selisih jumlah data tersebut, banyak disebabkan karena adanya kebijakan E-KTP.

Dengan program KTP elektronik itu, semua data penduduk ter Up-Date baru dari pusat. Sehingga untuk Lahir, Mati, Pindah dan Datang penduduk (LAMPID) bisa tercatat dengan detail. “Mungkin karena adanya program E-KTP, sehingga data baru terekam E-KTP, berarti otomatis lebih akurat dari Dukcapil. Lampid-nya kan juga ter Up-Date, ” jelasnya.

Berbeda tanggapan dari Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Tuban. Dikhawatirkan selisih jumlah ini akan menyebabkan masyarakat kehilangan hak pilihnya. Karena tidak tercantum dalam DP4 yang akan dipakai dasar penentuan Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga dijadikan DPT.

Untuk itu, Panwaslu Kabupaten Tuban membuka layanan pengaduan masyarakat melalu pesan singkat Ponsel. Nomor selular yang telah disiapkan Panwaslu Kabupaten akan diumumkan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Sehingga bagi warga yang namanya belum masuk menjadi daftar pemilih dapat melaporkan ke Panwaslu.

” Call Centre disemua wilayah, agar warga yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya bisa dengan mudah melapor, ” jelas Ketua Panwaslu Kabupaten Tuban, Sullamul Hadi.

Facebook Comments

Print Friendly, PDF & Email

About the Author