Published On: Kam, Jan 28th, 2016

Tak Jelas Nasibnya, Pemkab Gugat Rekanan Pasar Mondokan

TUBAN

SIA-SIA: Inilah potret Pasar Baru Mondokan milik Pemkab Tuban yang sudah 12 tahun  mangkrak.

SIA-SIA: Inilah potret Pasar Baru Mondokan milik Pemkab Tuban yang sudah 12 tahun
mangkrak.

seputartuban.com – Setelah terbengkalai 12 tahun, Pemkab Tuban mulai gerah dengan rekanan pembangunan Pasar Besar Tuban (PBT) atau Pasar Mondokan. Akan didugat secara hukum atas sikap rekanan dengan sistem bagi hasil itu tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai kontrak kerja.

Atas sikapnya yang dianggap melanggar kontrak, Pemkab saat itu memutur kontrak kerja. Kemudian melakukan tender lagi yang dimenangkan oleh PT. HK. Lagi-lagi bermasalah, pemenang tender kedua itu tidak berani mengerjakan pembangunan. Karena dianggap Pemkab Tuban masih memiliki permasalahan dengan rekanan pertama.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Tuban, Arif Handoyo memastikan akan menggugat PT KBS. Hal itu sesuai dengan hasil dari audit BPK, bahwa bangunan pasar mondokan tersebut harus masuk dalam aset daerah. “Kita sudah menyusun dokumen untuk melakukan gugatan terhadap PT. KBS sebagai pemenang tender yang pertama,” kata Arif Handoyo, Rabu (27/1/2016).

Alasan lainya adalah, untuk dapat melanjutkan pembangunan pasar itu, harus ada kepastian hukum mengikat. Sudah tidak ada sengketa antara Pemkab Tuban dengan lainya. Awal Pebruari berkas gugatan terhadap PT. KBS akan dimasukkan melalui Kejaksaan Negeri Tuban. Dengan dasar gugatan tersebut adalah surat perjanjian kontrak yang tidak bisa dilaksanakan oleh rekanan sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Diketahui, kontrak kerjasama dengan PT KBS selaku rekanan pertama Pasar Mondokan dilakukan oleh Pemkab Tuban sejak tahun 2003. Karena hingga tahun 2009 belum rampung maka kontrak tersebut diputus.

Setelah itu pada tahun 2012 dilakukan kontrak baru dengan PT HK. Hanya saja kontrak ini tidak berjalan karena alasan adanya sengketa antara kedua rekanan tersebut. Dalam pembangunan Pasar Mondokan Pemkab tuban hanya menyediakan lahan.  Sedangkan pembangunannya dilaksanakan oleh rekanan sepenuhnya. Selain itu, dalam pengelolaannya akan dikelola oleh investor. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author