Published On: Kam, Okt 15th, 2015

Tak Digubris Panwaskab Tuban Wadul KPU

TUBAN

SULLAMUL HADI: Tetapi setelah kami rekomendasikan untuk dilepas ternyata tidak ada  tindakan sama sekali.

SULLAMUL HADI: Tetapi setelah kami rekomendasikan untuk dilepas ternyata tidak ada
tindakan sama sekali.

seputartuban.com-Belum berumur sebulan dipasang, namun sejumlah alat peraga kampanye (APK) paslon bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam pilkada Tuban 9 Desember nanti, sudah banyak yang rusak.

Bahkan sebagian raib dari tempatnya. Selain itu, ada juga APK yang dipasang pada sejumlah fasilitas pemerintah.

“Tetapi setelah kami rekomendasikan untuk dilepas ternyata tidak ada tindakan sama sekali,” kata Ketua Panwaskab Tuban, Sullamul Hadi, Rabu (14/10/2015) pagi.

Berkaitan itu, menurut Hadi, pihaknya akan meminta klarifikasi kepada KPU Kabupaten Tuban yang memiliki kewajiban untuk menindak lanjuti apa yang menjadi rekomendasi panwaskab. Seharusnya permasalahan yang ada di tingkat kecamatan cukup diselesaikan antara panwascam dengan PPK.

“Kelihatannya ada perbedaan pandangan terkait pemasangan APK pada tempat fasilitas pemerintah. Padahal regulasinya sudah jelas,” tegas dia.

Hadi mengungkapkan, berdasar laporan yang diterima dari panwascam ada beberapa APK yang baru beberapa hari dipasang sudah rusak.

“Kerusakan APK paslon tersebut karena pemasangannya terkesan asal-asalan,” tutur Hadi.

Ketua KPU Tuban, Kasmuri, mengatakan hingga saat ini masih belum mendapatkan laporan dari PPK. Baik terkait APK yang rusak maupun pemasangannya yang melanggar aturan.

Dalam penentuan tempat pemasangan APK sudah dilakukan koordinasi dengan pihak desa dan ada rekomendasinya.

“Kita sudah mengimbau agar pemasangan APK tidak melanggar aturan yang ada, dan melakukan koordinasi dengan panwascam sehingga tidak ada permasalahan,” kata Kasmuri.

Selain itu, tandas dia, bila ada APK yang rusak, KPU bersama panwas dan juga polisi akan melakukan identifikasi penyebab kerusakan tersebut. Bila disebabkan karena faktor alam akan diganti.

“Tapi bila disebabkan karena manusia maka akan dilakukan penindakan sesuai dengan aturan yang ada,” tandas Kasmuri. MUHLISHIN

Facebook Comments

About the Author